NasionalPolitik

Banyak Data Keliru, Quick Count KPU Dipastikan Bukan Hasil Resmi

BeritaNasional.id, Parepare — Hitung cepat KPU, yang ditampilkan pada laman infopemilu.kpu.go.id dipastikan bukan hasil resmi pilkada. Hal tersebut sesuai pada pemberitahuan yang tercantum pada bagian atas website.

‘…Data hasil pada hitung cepat berdasarkan entri Model C1 apa adanya. Hasil pada hitung cepat merupakan hasil sementara dan tidak bersifat final. Jika terdapat kesalahan pada model C1 akan dilakukan perbaikan pada proses rekapitulasi di tingkat atasnya…’ demikian tercantum.

Tim IT FAS, Andi Lutfi menjelaskan frasa apa adanya artinya semua model C1 yang masuk sekadar diinput tanpa verifikasi. Termasuk C1 yang salah hitung alias tidak akurat.

“Jadi data pada website itu, akan dibahas kembali pada rekapitulasi tingkat kecamatan, lalu tingkat kota. Dan pasti datanya berubah,” urai Lutfi. Sehingga dipastikan keliru, jika ada pihak yang menyebut data website itu adalah rujukan dan hasil resmi Pilkada.

Karena itu sangat wajar ketika banyak data pada laman KPU yang simpang siur. Mulai dari DPT, tingkat partisipasi, bahkan perolehan suara per kecamatan banyak yang saling tumpang tindih. Apalagi, server website itu sempat down beberapa waktu saat suara FAS terus menanjak. Saat server kembali normal, suara TP tiba-tiba melonjak drastis lebih dari 1 persen.

“Ini memang sangat mencurigakan. Contohnya disalah satu TPS di Bukit Harapan, C1 FAS meraih 268 suara, sementara yang diinput hanya 258 suara. Merugikan FAS kan?,” jelasnya.

“Jika merujuk pada C1 yang valid, maka dipastikan FAS menang. Itu yang kita pegang,dan saat ini kita kawal. Meski dilapangan upaya kecurangan sangat massive merugikan FAS, kita terus berupaya meminimalisir dengan mengamankan data A1 dari saksi kita,” tegas Lutfi.

Berdasarkan rekap C1 tim FAS, TP meraih 37.158 suara atau 49.69%. Sementara FAS sukses memperoleh 37.627 suara atau 50.31%. Selisih suara yang diperoleh hanya mencapai 469 suara, untuk keunggulan FAS. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button