Bencana alamDaerahJawa TimurRagamSitubondoSosial

Batlitbang Pertanian RI, Kirim 25 Ton Silase Sorgum ke Peternak Terdampak Irupsi Gunung Semeru

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JAWA TIMUR, Kementerian Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Program Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK) di Kabupaten Situbondo, wilayah Jawa Timur bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Situbondo kirim bantuan pakan ternak silase sorgum untuk peternak terdampak irupsi Gunung Semeru,di Lumajang, Rabu (15/12/2021).

“Hari ini, Kementerian Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Program Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK) di Jawa Timur mendonasikan silase pakan sorgum sebanyak 25 ton untuk para peternak di Lumajang yang terdampak Irupsi Gunung Semeru,” DR. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc Kordinator RPIK Wilayah Jawa Timur.

Lebih lanjut, Dicky Pamungkas mengatakan, sebagaimana diketahui para peternak di Lumajang yang terdampak irupsi Gunung Semeru membutuhkan pakan ternak kurang lebih dalam satu hari sebanyak 30 hingga 35 ton. “Tercatat ada 1300 ternak yang ada di daerah terdampak irupsi Gunung Semeru yang harus di beri makan. Mudah-mudahan pakan ternak silase sorgum dari petani binaan RPIK Jawa Timur di Kabupaten Situbondo ini bermanfaat dan bisa membantu para peternak di lokasi irupsi Gunung Semeru,” tutur Dicky.

Dicky menjelaskan, selama masa recovery mudah-mudahan Balitbang Kementrian Pertanian RI bisa membantu kebutuhan pakan ternak silase sorgum kepada para peternak di daerah Irupsi Gunung Semeru Lumajang. “Pengiriman pakan ternak silase sorgum untuk para peternak yang berada di Kecamatan Candi Puro dan Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang ini, merupakan kepedulian RPIK Jawa Timur di Situbondo terhadap para peternak yang terdampak irupsi Gunung Semeru,” pungkas Dicky.

Sementara itu, Imam Darmadji Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Situbondo mengatakan, semoga dengan dikirimnya silase sorghum hasil petani binaan RPIK wilayah Jawa Timur di Situbondo, bisa mencukupi kebutuhan pakan ternak bagi peternak di lokasi bencana alam irupsi Gunung Semeru. “Diharapkan pengiriman silase sorgum ini bisa bermanfaat bagi peternak di Kecamatan Candi Puro dan Pronojiwo, Lumajang,” harap Imam Darmadji. (Heru)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button