DaerahJawa TimurPendidikanPolitikRagam

Bawaslu Bondowoso Gelar Apel Siaga Pengawasan dan Lanching Aplikasi Jarimu Awasi Pemilu

BONDOWOSO JAWA TIMUR – BeritaNasional.id, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bondowoso menggelar apel siaga pengawasan dalam rangka satu tahun menjelang Pemilu serentak 2024 dan melaunching Aplikasi Jarimu Awasi Pemilu, Selasa (14/2/2023).

Apel tersebut digelar di Halaman Hotel Ijen View, dengan diikuti oleh seluruh Komisioner, Panwascam dan staf dari 23 kecamatan di wilayah Kabupaten Bondowoso. “Satu tahun menjelang Pemilu serentak 2024 bukanlah waktu yang lama. Tapi, dalam konteks persiapan Pemilu itu adalah waktu yang sangat singkat,” jelas Fricas Abdillah, Komisioner Bawaslu Bondowoso.

Oleh karena itu, sambung Fricas Abdillah, pihaknya berpesan kepada seluruh anggotanya hingga tingkatan bawah, agar melakukan pengawasan secara profesional dan harus bisa memberikan pengawasan Pemilu yang edukatif. “Saya berharap teman-teman Panwascam selalu siap dalam berbagai bidang pengawasan,” pintanya.

Saat ini, kata Fricas Abdillah, sudah masuk tahapan Pemilu COKLIT (Pencocokan dan penelitian) yang dilakukan oleh Pantarlih (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih). Untuk itu, pengawas di tingkat desa dan kelurahan harus mengawasi betul proses Coklit tersebut. “Syukur-syukur bisa mendampingi proses-proses yang dilakukan oleh teman-teman KPU,” tuturnya.

Ketika disinggung tentang pengawasan di media sosial, Fricas Abdillah mengatakan bahwa, pihaknya masih belum mempunyai tim cyber untuk mengawasi kampanye-kampanye terselubung di medsos tersebut. Namun, pihaknya berharap, bersama-sama membangun sinergitas dengan pihak terkait. Karena, media sosial juga akan diawasi dalam Pemilu. “Harapan kita, media sosial bisa membangun demokrasi juga,” pungkasnya.

Pantauan media ini, usai pelaksanaan apel, seluruh Panwascam berikut staffnya mengikuti pendidikan pengawasan Pemilu. Dalam kesempan itu, Bawaslu juga melaunching komunitas digital ‘Jarimu Awasi Pemilu’.

Dalam aplikasi Jarimu Awasi Pemilu, berisi komunitas digital yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan edukasi seputar Pemilu. Respon cepat terhadap beragam miss informasi seputar Pemilu, cek fakta konten Pemilu. Serta, tindak lanjut pengaduan masyarakat.

Pewarta           :Samsul Arifin

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button