AdvedtorialDaerahPemkab SidrapRagamSulawesi

BBWA Pompengan Survei Saluran Jebol di Tanru Tedong

BeritaNasional. ID, Sidrap—Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang dan Dinas PSDA Kabupaten Sidrap, melakukan survei dan pengukuran kerusakan Tanggul Saluran Sekunder Tanru Tedong, Daerah Irigasi Bulu Cenrana, Kecamatan Dua Pitue, Rabu 1 Mei 2019.

Saluran jebol tepatnya pada B.Tt.3 dan B.Tt.4 sehari sebelumnya, akibat luapan air Sungai Bila dan Bulu Cenrana.

Utusan BBWS Pompengan terdiri tim teknis 3 orang, serta satu tim untuk melakukan pengukuran.

Sementara dari PSDA Sidrap diwakili Kabid Operasi dan Pemeliharaan, Muhammad Yusuf, Staf Teknis Bidang OP, Sahar, serta Juru Irigasi UPTD PSDA Bulu Cenrana, Iskandar.

Kabid OP Dinas PSDA Sidrap, Muhammad Yusuf usai survei mengatakan, kerusakan yang terjadi cukup besar dan membutuhkan anggaran besar.

“BBWS Pompengan Jeneberang akan memasukkan dalam Program Tanggap Darurat Penanggulangan Bencana Kementerian Pekerjaan Umum RI karena kerusakan cukup besar,”ungkap Yusuf

Untuk itu, lanjut Yusuf, BBWS Pompengan meminta Bupati Sidrap membuat Surat Pernyataan Tanggap Darurat Bencana.

Sementara itu Yusuf mengungkap, Bupati Sidrap H Dollah Mando menaruh perhatian tinggi agar proyek perbaikan secepatnya dilaksanakan.

“Bupati menginstruksikan segera diperbaiki agar 2.000 hektar areal sawah layanan Saluran Sekunder Tanru Tedong tetap bisa berproses pada Musim Tanam April-September 2019,” ungkap Yusuf.

Sekedar diketahui dalam kesempatan itu Yusuf juga mengatakan, jika 2.000 hektar tersebut tidak tergarap, maka akan menyebabkan kehilangan nilai hasil panen sekitar Rp60 milyar,

(Risal Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button