RagamSitubondo

Bea Cukai Jember Bersama Satpol PP Situbondo Amankan Ratusan Bungkus ilegal

SITUBONDO, BeritaNasional.id – Dalam rangka Operasi Gempur Rokok Ilegal di tahun 2023, Bea Cukai Jember didampingi Satpol PP Kabupaten Situbondo melakukan penindakan terhadap rokok ilegal disalah satu rumah warga Desa Gebangan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Rabu (13/9/2023).

Kepala seksi penindakan dan penyidikan Kantor Pengawasan Bea Cukai Jember Widodo Wiji Mulyono mengatakan dalam kegiatan rangkaian operasi bersama Pemerintah Kabupaten Situbondo dalam pemberantasan peredaran rokok ilegal, berhasil melakukan penindakan terhadap seorang warga Desa Gebangan berinisial SB dengan barang bukti 210 bungkus atau 4.000 an batang rokok ilegal berjenis berjenis sigaret kretek mesin (SKM).

“Dalam operasi hari ini kita menemukan rokok ilegal dengan beberapa merek diantaranya merek Simbol, Crazy, Rileks dan SevenUp. dari pengakuan tersangka dia mendapatkan barang dari seseorang yang menurut tersangka apa namanya tidak dikenal, ” papar Widodo.

Adapun modus yang dilakukan oleh pengirim (pelaku lain) disampaikan oleh Widodo terbilang cukup baru, yakni dengan menggunakan drum pengirim ikan.

“Setelah mendapatkan infornasi dari masyarkat, kita langsung berkoordinasi dengan Satpol PP Situbondo selanjutnya tim segera menujuke rumah SB, disitu tim kita berhasil mengamankan barang bukti berupa rokok ilegal yang disimpan di beberapa titik di lokasi rumah tersangka SB,” imbuhnya.

Meskipun ada proses pidana dalam  Undang – undanng no39 tentang cukai namun diakuinya Bea cukai menawarkan kepada tersangka berdasarkan PMK  nomor 237 Tahun 2022 tentang penelitian dugaan pelanggaran di bidang Cukai itu tidak pidana apabila memenuhi unsur pasal 54 yakni bisa diselesaikan dengan Ultimate medium berupa denda tiga kali dari nikai cukai.

“Kami sudah berhitung tadi dan jelaskan kepada tersangka untuk 210 bungkus ini setelah dikalikan 3 kali itu dendanya Rp 8.300.000 yang bersangkutan bersedia membayar dan sudah melakukan pembayaran ke Bank, ” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Satpol PP Kabupaten Situbondo mengatakan jika pihaknya hanya melakukan pendampingan terhadap penegakan hukum oleh Bea Cukai.

“Kedepannya kami bersama Bea Cukai Jember juga akan menggencarkan  kegiatan-kegiatan lain yang Intinya kita mensosialisasikan pada masyarakat terkait dengan apa sih manfaat cukai rokok dan apa sih yang terjadi jika rokok ilegal terus beredar.

Hal itu juga dinilainya sangat penting sekali karena masyarakat harus tahu bukan hanya dari sisi penindakannya tapi manfaatnya cukai yang bisa dirasakan oleh daerah.

“Dari 100 persen hasil cukai dari negara yang turun di Situbondo persentasinya itu yang jelas 50% untuk bidang kesejahteraan masyarakat, 40% untuk kesehatan dan 10% untuk penegakan, nah pemanfaatannya ini yang perlu masyarakat tahu, ” tandasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button