DaerahRagamSumateraSUMUT

Bencana Alam di Langkat: 28 Rumah Warga Rusak, serta 1 Gudang dan 1 Masjid

BeritaNasional.ID, Langkat – Hujan deras diserta angin kencang menerpa (mengenai) 28 rumah warga di Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Sumut, Minggu (29/8/2021) kemarin, sekitar pukul 15.30 Wib. Selain 28 rumah warga yang rusak, 1 gudang dan 1 rumah ibadah (Masjid) bagian kubah mengalami kerusakan.

Informasi dirangkum beritanasional.id, Selasa (31/8/2021) dampak bencana alam berupa angin puting beliung (angin kencang) menerpa di Kecamatan Kuala, meliputi dari Wilayah Kelurahan Pekan Kuala, diantara di Lingkungan II sebanyak 6 rumah.

Lingkungan 6 Pekan Kuala Tempel berjumlah 7 rumah, dan 1 gudang. Lingkungan IV terdampak 1 buah Masjid di bagian kubah rusak.

Kemudian bencana alam juga terjadi di Desa Perkebunan Bekiun, Kecamatan Kuala, diantaranya Dusun 6 Sei Gerpah Barat, sebanyak 12 rumah. Dusun 7 Kuala B sebanyak 3 rumah.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langkat, Irwan Sahri mengatakan, terjadinya bencana alam puting beliung sekitar pukul 15.30 Wib, Disaat itu turun hujan deras disertai angin kencang, yang menyebabkan seng/atap rumah warga terlepas, serta pepohonan tumbang. Terdapat 1 buah tiang listrik patah dan menimpa rumah warga, ucapnya.

Data global ada 28 rumah warga rusak, 1 gudang dan 1 mesjid rusak. “Tidak korban jiwa akibat bencana alam puting beliung tersebut,” ungkapnya Irwan Sahri.

Saat ini, katanya, upaya yang dilakukan, diantaranya melaksanakan koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa/kelurahan. Melaksanakan kaji cepat, verifikasi dan validasi sementara rumah yang terdampak.

Kemarin itu, kita telah melaksanakan pembersihan pohon tumbang yang melintang di jalan, dengan melibatkan masyarakat. Kemudian melaksanakan pemantauan cuaca melalui situs BMKG dan menginformasikan ke kecamatan. Juga melaksanakan posko siaga bencana di kantor BPBD Kabupaten Langkat, bebernya Irwan Sahri.(Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button