DaerahEks Keresidenan Madiun

Berantas Rokok Ilegal, Bea Cukai dan Satpol PP Gelar Operasi di Wilayah Kecamatan Jiwan

BeritaNasional.ID, Madiun – Upaya memberangus peredaran rokok ilegal terus dilakukan oleh Kantor Bea Cukai Madiun dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Madiun. Salah satunya dengan menggelar operasi pemberantasan rokok ilegal. Seperti yang dilakukan di wilayah Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, pada Kamis (8/9/2022).

Dipimpin oleh pelaksana Unit Penyidikan dan Penindakan Kantor Bea Cukai Madiun, Jiman dan Kepala Seksi Pembinaan, Pengawasan dan Penyuluhan (Kasi Binwasluh) Satpol PP Kabupaten Madiun, Tatik Wiyati, petugas gabungan memeriksa toko, warung, dan pasar untuk mencari keberadaan rokok ilegal.

“Operasi ini merupakan upaya menggempur rokok ilegal. Selama ini untuk menegakkan Undang-Undang Nomor 11 tahun 1995 tentang cukai sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2021 tentang harmonisasi peraturan perpajakan. Kami selalu menggelar operasi rutin untuk mencegah rokok ilegal yang merugikan negara,” kata pelaksana Unit Penyidikan dan Penindakan Kantor Bea Cukai Madiun, Jiman.

Selain operasi rokok ilegal, petugas juga memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang ciri-ciri rokok ilegal. Di antaranya, rokok tanpa pita cukai, rokok dengan pita cukai bekas, rokok dengan pita cukai palsu, dan rokok dengan pita cukai salah peruntukan.

Jiman mengaku, untuk wilayah Kabupaten Madiun belum ditemukan adanya peredaran rokok ilegal. Karena itu, dirinya menghimbau kepada penjual untuk lebih berhati-hati dan teliti jika ada penawaran rokok dari sales-sales.

“Karena jika ada temuan (rokok ilegal) kita tindak tegas. Kita bawa ke kantor untuk proses lebih lanjut,” tegasnya.

Sementara, Kasi Binwasluh Satpol PP Kabupaten Madiun, Tatik Wiyati mengatakan, operasi barang kena cukai, khususnya tembakau rutin digelar bersama kantor bea cukai di seluruh wilayah Kabupaten Madiun.

“Operasi sudah kita laksanakan hampir di seluruh kecamatan, mulai Pilangkenceng, Kare, Gemarang, Dolopo, Kebonsari dan hari ini di Jiwan. Selain operasi bersama, kami juga lakukan sistem intelejen untuk memonitor lokasi peredaran rokok ilegal,” ungkap Tatik (adv/mei)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button