Bencana alamDaerahSumateraSUMUT

Berenang di Sungai, Seorang Pelajar Asal Langkat Tenggelam 

BeritaNasional.ID, Langkat – Aji Ardiansyah (16) warga Dusun VIII, Desa Batu Melenggang, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumut, dikabarkan tenggelam di Sungai Sei Batang Serangan, di Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumut, Minggu (30/4/2023), sekira pukul 13.30 WIB.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Langkat Drs. Irwan Syahri, Senin (01/05/2023) membenarkan atas peristiwa tenggelamnya seorang pelajar atas nama Aji Ardiansyah.

Kronologis kejadiannya, sebut Irwan Syahri, yaitu berawal pada Minggu 30 April 2023, sekira pukul 13.00 WIB. Dimana korban atas nama Aji Ardiansyah bersama ketiga temannya, yakni Fajililah, Gusti Ramadhan dan Haidar.

Dimana mereka bertiga sedang mencari ikan di rawa-rawa, tepatnya di Dusun VIII Desa Batu Melenggang, Kecamatan Hinai.
Setelah selesai mencari ikan, kemudian korban bersama temannya pergi ke Sungai Batang Serangan Kecamatan Padang Tualang yang berbatasan dengan Dusun VIII Desa Batu Melenggang, Hinai, dengan maksud untuk mandi-mandi di sungai tersebut.

Sampai di sungai, kemudian mereka mandi-mandi. Tidak lama kemudian, tiba-tiba dari arah seberang sungai, teman korban yang berada di pinggir sungai batang serangan memanggil korban dengan maksud untuk memberi uang kepada korban.

Mendengar hal tersebut, kemudian korban menuju ke seberang Sungai Batang Serangan, yang lebarnya lebih kurang 16 M. Kemudian korban berenang, namun setibanya di tengah Sungai Batang Serangan, korban melihat temanya berlari ke atas, seakan akan korban dibohongi oleh temannya tersebut.

Kemudian korban pun memutar arah untuk kembali ke pinggir sungai, namun saat hendak kembali ke pinggir sungai tersebut, korban tampak lemas dan melambaikan tangan minta tolong. Teman-teman korban melihat bahwa korban minta tolong, karena tidak sanggup lagi menyeberangi sungai tersebut.

Melihat hal tersebut, teman-teman korban pun langsung membantu korban, namun dikarenakan keadaan sungai yang air sangat dalam, dan teman korban pun tidak sanggup berenang sambil membantu korban. Akhirnya korban pun tenggelam di dasar Sungai Sei Batang Serangan tersebut.

Selanjutnya teman-teman korban melaporkan kejadian tersebut kepada warga setempat, dan mencoba mencari keberadaan korban (Aji Ardiansyah) namun sampai malamnya, korban belum ditemukan, sebut Irwan Syahri, sembari mengatakan, pencarian ditunda dikarenakan sudah larut malam.

Pencarian dilanjutkan ini hari. Kita sudah melakukan koordinasi dengan tim Basarnas Sumut, pihak kecamatan dan pihak desa, serta keluarga di lokasi.

Diketahui, tim BPBD dan masyarakat sudah didirikan pos di pinggir sungai, dimana semula korban hanyut tenggelam. Selanjutnya melaksanakan pos siaga bencana di kantor BPBD Kabupaten Langkat.

Sebelumnya diketahui, pihak BPBD bersama tim, warga setempat, pihak keluarga, Bhabinkamtibmas dan Babinsa telah melakun penyisiran dipinggir sungai dan telah melakukan upaya pembuatan ombak menggunakan perahu karet bermesin untuk mencari korban, namun korban yang hilang belum ditemukan. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button