KesehatanNasionalPemerintahan

Berhasil Turunkan Tengkes, Gorontalo Terima Insentif Fiskal Rp5,8 M

BeritaNasional.ID, JAKARTA – Provinsi Gorontalo menerima Alokasi Insentif Fiskal Kinerja Tahun Berjalan Tahun Anggaran 2023, Kategori Percepatan Penurunan Stunting sebesar Rp5.866.411.000, sebagai penghargaan atas keberhasilannya dalam penurunan tengkes.

Penghargaan itu diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yang diterima oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki pada acara Rakornas Percepatan Penurunan Tengkes (Stunting) tahun 2023, di Istana Wapres Jakarta, Jumat (06/10/2023).

“Provinsi Gorontalo alhamdulillah diapresiasi bersama daerah-daerah lain. Apresiasi yang diberikan dalam bentuk insenstif fiskal senilai Rp5,8 Miliar, itu untuk membantu dan menstimulus percepatan penurunan tengkes. Karena target seluruh Indonesia harus di angka 14 persen di tahun depan. Kita di Gorontalo akan terus mengupayakan ini, meskipun angka tengkes kita masih di angka 23 persen berdasarkan data SSGI,” kata Budiyanto usai menerima penghargaan.

Dikatakan pula bahwa hal lain yang ditekankan Wapres Ma’ruf Amin adalah di tahun depan bertepatan dengan tahun politik, penurunan angka tengkes harus tetap menjadi prioritas. Pergantian kepemimpinan di pusat dan daerah pada tahun 2024 diharapkan tetap mengakomodasi percepatan penurunan stunting sebagai program prioritas Nasional.

“Harapan pak Wapres adalah Penjabat Gubernur dan Bupati/Walikota serta seluruh pimpinan OPD untuk terus mengawal pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024 sekaligus memastikan penurunan tengkes menjadi program prioritas pada transisi pemerintahan. Ini juga yang harus kami lakukan di Provinsi Gorontalo,” tandasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button