Headline

Berlabuh di Gorontalo, KRI Banjarmasin 592 Dibuka untuk Umum

BeritaNasional.ID, GORONTALO — KRI Banjarmasin 592 yang merupakan kapal perang produk buatan dalam negeri yang diproduksi oleh PT. PAL tiba di Pelabuhan Gorontalo. Sejak berlabuh pada Senin pagi, 1 April 2024, sekitar pukul 06.00 Wita, KRI Banjarmasin 592 melayani pelajar dan masyarakat untuk berkunjung.

“Kami melaksanakan fungsi tambahan dengan membuka kapal ini untuk dikunjungi pelajar dan masyarakat. Alhamdulillah tadi sudah banyak sekali pelajar yang datang melihat kapal ini dan mereka sangat puas, tergambar dari raut wajah yang penuh senyuman,” ungkap Komandan KRI Banjarmasin 592, Kolonel Laut (Pelaut) Yohanes Bermans Cahyono H.

Pelajar dan masyarakat tidak dipungut biaya atau digratiskan untuk melihat dari dekat kapal perang kebanggaan bangsa tersebut. Dijadwalkan KRI Banjarmasin 592 akan membuka kunjungan tersebut hingga Selasa siang, 2 April 2024, sebelum bertolak ke pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara.

“Sampai besok kami masih membuka kegiatan kunjungan pelajar dan masyarakat. Kami berharap diantara pelajar yang naik KRI Banjarmasin ke depannya akan menjadi pemimpin baik di instansi pemerintahan dan militer,” tutur Yohanes.

Kapal perang yang mulai berlayar pada November 2009 ini memiliki moto Amun Mundur Kada atau jangan pernah menyerah. KRI Banjarmasin 592 memiliki sistem persenjataan modern dan juga dilengkapi fasilitas helideck atau tempat pendaratan helikopter.

Kedatangan kapal tersebut dimanfaatkan pula oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Gorontalo untuk menggelar buka puasa bersama dengan jajaran Pemerintah Provinsi Gorontalo. Hadir pada buka puasa tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Sofian Ibrahim, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah.

(Noka/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button