DaerahRagamSosial

Bersama Membangun Pilkada Serentak 2020 Luber Jurdil, dan Aman dari Covid-19

BeritaNasional.ID, Jakarta – Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) yang juga Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar mengajak sleuruh elemen masyarakat untuk bersama membangun Pilkada Serentak 2020 yang Luber Jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil), dan aman dari Covid-19. Hal itu dikatakannya dalam Rapat Konsolidasi Pelaksanaan Sosialisasi Pilkada Serentak Tahun 2020 secara virtual dengan seluruh Diskominfo dan Biro Humas seluruh Indonesia, Rabu (10/6/2020).

“Pilkada serentak yang luber jurdil dan tambahannya aman Covid-19, karena ini yang membedakan ini dengan sebelumnya, kalau ini disampaikan, dinarasikan saya kira tidak ada masalah,” kata Bahtiar.

Sebagai penyelenggaraan pesta demokrasi di tengah pendemi, kondisi Pilkada Serentak 2020 berbeda dengan Pilkada maupun Pemilu pada umumnya. Sehingga hal ini menjadi sebuah tatanan kenormalan baru dalam kehidupan berdemokrasi bangsa ini.

“Membangun tatanan baru bahasanya adalah new normal, bahasa yang mungkin agak rumit dipahami oleh masyarakat di level bawah, bahwa intinya kita hendak membangun tatanan baru atau cara hidup baru, atau cara beraktivitas yang baru bagaimana kita selalu masih bisa produktif beraktifitas tetapi aman dari Covid-19, termasuk dalam Pilkada,” ujarnya.

Dalam membangun tatanan kenormalan baru atau new normal, termasuk dalam penyelenggaraan Pilkada, dibutuhkan komitmen bersama dan sosialisasi yang masif melalui komunikasi publik untuk menanamkan pemahaman penerapan protokol kesehatan dalam segala aspek kehidupan.

“Khusus pada 270 daerah ini, sekali lagi mohon betul segera dirapatkan dengan KPU, Bawaslu, Forkompimda, Polisi/TNI, kejaksaan, gugus tugas dan dengan dinas kesehatan dan pemda supaya ada pemahaman masyarakat, kita akan melanjutkan lagi sisa tahapan pilkada serentak yang tertunda kemarin mulai 15 Juni sampai dengan 9 Desember nanti pencoblosan, yang akan dilakukan dengan standar yang ketat tentang protokol-protokol kesehatan,” jelasnya.

Dengan ditetapkannya pelaksanaan kenormalan baru dalam tatanan demokrasi dan pelaksanaan Pilkada yang lancar dan aman dari Covid-19, maka dapat dipastikan semua tahapan akan dilaksankaan sesuai dengan protokol kesehatan yang tengah disusun.

“PKPU sedang disusun oleh teman-teman penyelenggara, dalam waktu dekat juga akan dikeluarin, begitu juga akan disesuaikan lebih teknsi lagi, PKPU dengan tata cara penetapan pasangan calon, tata cara kampanye, pencoblosan dan pemunngutan suara, semuanya dengan menggunakan protokol-protokol kesehatan,” terangnya.

Kesuksesan Pilkada Serentak 2020 yang Luber Jurdil dan aman dari Covid-19 akan ditentukan oleh sejauh mana sosialisasi dan komunikasi publik yang dilakukan oleh seluruh stakeholder. Tak kalah penting, peran penting dan kedisiplinan masyarakat juga turut diperlukan dalam mewujudkan Pilkada yang lancar dan aman dari Covid-19. (*)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close