AdvedtorialPemkab SinjaiSinjai

Bersama Mendagri, Pemkab Sinjai Ikuti Rakor Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Ramadan

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Pemerintah Kabupaten Sinjai mengikuti rapat koordinasi (Rakor) pengamanan pasokan dan harga pangan jelang bulan suci Ramadan dan IdulFitri 2024 secara daring dengan Mendagri Tito Karnavian serta Badan Pangan Nasional, Senij (05/03/2024).

Keikusertaan Pemerintah Kabupaten Sinjai dipimpin langsung oleh Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai, A. Ilham Abubakar dari ruang Command Center Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Sinjai Sinjai.

A. Ilham mengatakan rakor tersebut menekankan agar Pemerintah Daerah intens melakukan pengawasan pasokan dan harga pangan, seperti beras yang mengalami kenaikan harga dan tidak hanya terjadi di Sinjai namun berlaku nasional.

Menurut A. Ilham hal itu masih dipengaruhi akibat dampak El Nino, sehingga harga beras hingga saat ini masih terbilang tinggi. Kendati demikian, untuk pasokan beras, ia menegaskan stok beras di Kabupaten Sinjai aman hingga lebaran IdulFitri 2024.

“Menurut pak Mendagri produksi beras kita berkurang akibat El Nino tapi khusus di Sinjai kita aman, hanya saja kenaikannya memang berpengaruh terhadap harga nasional,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi dan upaya pengendalian inflasi, pemerintah pusat hingga pemerintah daerah bakal melakukan gerakan pangan murah dalam waktu dekat ini sebelum Ramadan dan jelang Lebaran IdulFitri.

“Ini sudah terjadwal tanggal 6 Maret sebelum puasa akan ada gerakan pangan murah serta 3 April sebelum lebaran IdulFitri,” tambahnya.

Tidak hanya itu, pengendalian inflasi di Kabupaten Sinjai kata dia menjadi perhatian Pj Bupati sehingga selain gerakan pangan murah, instansi terkait juga akan menggelar pasar murah sama seperti kegiatan pasar murah yang telah dilaksanakan sebelum-sebelumnya.

“Instansi terkait juga akan melakukan apsa murah susulan untuk memastikan ketersediaan dan harga pangan kita tetap stabil,” jelasnya.

Rakor Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Ramadan dan IdulFitri 2024 turut dihadiri perwakilan Forkopimda Sinjai, Kabag Ekonomi dan SDA Setdakab Sinjai Nurhayati. (ACCA/ADV/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button