DaerahJawa TimurRagamSitubondoSosial

Bersinergi, Forkopimcam Arjasa Situbondo Berikan Layanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Gratis

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Menjelang puasa ramadan, Forum Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Arjasa, Kabupaten Situbondo, melaksanakan pelayanan Keluarga Berencana dan pengobatan gratis untuk ratusan warga di Desa Kedungdowo dan sekitarnya, Rabu (23/3/2022).

Pengobatan gratis yang mengambil tema ” Sehat Menghadapi Ibadah Puasa Ramadan ” ini bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3A-P2KB) Kabupaten Situbondo serta Kodim 0823 Situbondo.

Keterangan yang disampaikan Kepala Puskesmas Arjasa, Bagus Sulaksono mengatakan, kegiatan kesehatan dasar hari hari ini ada sekitar 300 orang dan pelayanan Keluarga Berencana ada sekitar 200 orang. “Totalnya ada 500 orang warga yang akan dilayani pengobatan dan pemasangan Implan,” ujar Bagus Sulaksono.

Lebih lanjut, Bagus Sulaksono mengatakan bahwa, pihaknya menggelar pengobatan dan pelayanan KB gratis ini bersinegergi dengan Kecamatan, Koramil dan Polsek Arjasa serta Pemdes Kedungdowo. Hal ini dilakukan merupakan wujud kebersamaan dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat.

“Kita berharap sinergitas dalam memberikan pelayanan dasar kesehatan masyarakat dan pelayanan Keluarga Berencana ini akan terus berlanjut hingga ke daerah-daerah terpencil di wilayah Kecamatan Arjasa Situbondo,” pungkas Bagus Sulaksono Kepala Puskesmas Arjasa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3A-P2KB) Kabupaten Situbondo, Drs. H. Moh. Imam Darmaji mengatakan, untuk mensukseskan kegiatan pelayanan Keluarga Berencana gratis ini, pihaknya menyiapkan satu unit mobil pelayanan pemasangan Implan dan dua unit mobil pengankut bagi masyarakat. “Target kami sekitar 200 akseptor yang memasang Implan atau kontrasepsi lainnya,” jelas Imam Darmaji.

Lebih lanjut, Imam Darmaji mengatakan, pemasangan implan ini sesuai dengan target. Sebab, animo masyarakat yang datang untuk pasang implan cukup banyak. “Kegiatan pemangsangan Implan dan pengobatan gratis di kantor desa ini, tidak lain hanya ingin memdekatkan pelayanan langsung kepada masyarakat,” tuturnya.

Publisher         : Heru Hartanto

Pewarta           : As’ad Zuhaidi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button