Jawa Timur

Bimtek/Penyuluhan Hukum Polda Jatim, Bagi Kepala Sekolah SMP Negeri di Nganjuk

BeritaNasional.ID Nganjuk – Bimtek atau Penyuluhan bagi Kepala Sekolah se – Kabupaten Nganjuk, guna pemahaman hukum di lingkungan pendidikan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Nganjuk gencar memberikan pemahaman wawasan hukum bagi pejabat dilingkungan pendidikan Pemkab Nganjuk. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran hukum dan pencegahan permasalahan hukum dikemudian hari.

Hal ini seperti yang disampaikan Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi saat membuka acara penyuluhan bidang hukum dan peningkatan pemahaman wawasan hukum di Pendopo, Kabupaten Nganjuk, Rabu (3/8/2022).

Dalam sambutannya, Kang Marhaen menjelaskan penyuluhan hukum dapat memberikan wawasan hukum bagi pejabat dilingkungan pendidikan Pemkab Nganjuk dalam mengeluarkan kebijakan.

”Agar semua kebijakan yang dihasilkan punya konstruksi hukum yang jelas dan benar, dan tidak melenceng serta tidak keluar dari norma hukum yang berlaku,’’ jelasnya.

“Ini adalah salah satu cara pencegahan agar tidak timbul permasalahan hukum di kemudian hari,” tambah Kang Marhaen.

Sementara itu, Kepala Disdik Nganjuk Sopingi, menyampaikan pentingnya memberikan penyuluhan hukum kepada para tenaga pendidik di Kabupaten Nganjuk. Khususnya bagi tenaga pendidik yang baru menjabat dilingkungan pendidikan.

“Agar para pendidik mengerti dalam melaksanakan tugas-tugasnya,” jelas Sopingi sembari menyebut jumlah peserta yang hadir sebanyak 100 orang, sebagiannya terdiri dari Kasek SMP yang baru menjabat ada sebanyak 12 orang.

Sopingi menjelaskan perlunya memberikan wawasan tentang hukum dilingkungan pendidikan terhadap orang-orang nomor satu diinstasi sekolahnya masing-masing.

“Kita harus meningkatkan inovasi dan kreativitas, namun demikian koridor hukum harus tetap nomor satu. Sehingga Nganjuk bisa bangkit dan tidak ada permasalahan dikemudian hari,” tegasnya.

Sebagai informasi, acara tersebut dihadiri Kepala Bidang Hukum Polda Jawa Timur Kombes Pol Adi Aria Tobing.

Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson Situmorang, beserta jajarannya. Juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Nganjuk beserta Staf Ahli dan Asisten Bupati Ngajuk.

Serta para undangan yang terdiri dari seluruh Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP), seluruh Koordinator Wilayah Kecamatan, perwakilan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) setiap Kecamatan dan internal Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk. (ISK/HMS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button