BondowosoDaerahJawa Timur

Black Lava Plalangan Bondowoso Hasil Erupsi Gunung Ijen Purba

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Black Lava Plalangan terletak di antara Desa Kalianyar dan Desa Sempol, Kecamatan Ijen. Posisinya strategis dengan letak lokasi berada di dekat jalan raya utama Kecamatan Ijen, dan dikelilingi Dinding Kaldera Ijen Purba

Menurut Dody, petugas Pengurus Harian Ijen Geo Park (PHIG), Black Lava Plalangan merupakan salah satu situs Ijen Geopark karena memiliki keunggulan geologi dari aspek batuan yang merepresentasikan adanya batuan aliran lava di Kaldera Ijen. Warna kehitaman batuan lava menunjukkan bahwa karakter dominan batuan yang cenderung Basaltis.

“Representasi Geosite Aliran lava Plalangan berkomposisi Basalt – Andesite Basaltik terhampar sepanjang 9.9 km dengan luasan 10.51 km2, membentang dari Gunung Anyar (Jabal Kirmit) sampai Blawan. Aliran Lava ini dulu diduga sebagai aliran Lava setelah terjadi erupsi besar gunung Ijen Purba,” kata Dody pada peserta media trip.

Black Lava Plalangan, lanjutnya, menyuguhkan pemandangan hamparan batu berwarna hitam dan landscape gunung-gunung yang mengelilingi kecamatan Ijen.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button