Daerah

BNN Temukan Ekstasi Kemasan Baru

BeritaNasional.ID Jakarta – Badan Narkotika Nasional (BNN) menemukan ekstasi dengan kemasan baru. Bahkan bukan hanya kemasannya saja tetapi bahan dasar racikannya pun lebih variatif.

Hal ini diungkapkan Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari, disela pemusnahan barang bukti narkotika di Gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (7/9/2018).

“Selama ini kita tau ekstasi berupa pil atau tablet tapi yang kita temukan kiriman dari Belgia itu berupa kotak-kotak. Seolah-olah itu adalah kertas berwarna yang ukurannya cukup tebal,” ujar Arman .

Lebih lanjut kata Arman, bahkan bukan hanya bentuk saja yang baru. Ada pula sejumlah narkotika yang bahan dasarnya berbeda dari sebelumnya. Salah satunya adalah ekstasi yang disita BNN dari sejumlah sindikat narkotika yang beroperasi di Indonesia.

“Biasanya berbahan MDMA atau MDA. Nah yang kemarin kita temukan dari hasil laboratorium menyatakan bahwa bahan dasar pembuatan ekstesi adalah pentilon dan kafein,” jelasnya.

Ia menambahkan, hal ini dilakukan tentu guna mengelabui para petugas agar narkotika-narkotika tersebut tidak terdeteksi. Sehingga bahan dasar dan bentuk pun diubah sedemikian rupa.

“Namun demikin yang menjadi perhatian kita, ternyata bukan semakin berkurang bahkan sekarang ini disamping secara kuantitas meningkat, kulitasnya juga meningkat dan juga bermacam-macam modus dilakukan termasuk mengubah bahan dan bentuk,” tandas Arman. (dki1/bn.id)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button