Hukum & Kriminal

BNNK Lumajang Berhasil Ungkap Kasus Narkotika Jenis Shabu 2,9 kg di Randuagung

BeritaNasional.ID Lumajang – Tim gabungan BNNK Lumajang dengan BNNP Jawa tengah serta Bea dan cukai Tanjung Emas Semarang berhasil ungkap satu tersangka berinisial “AF” (residivis) kasus shabu seberat 2,9 kg di pasar Randuagung kecamatan Randuagung kabupaten Lumajang (16/09/2022).

Kepala BNNK Lumajang AKBP Indra Brahmana saat di konfirmasi media ini Selasa (04/09/2022), mengakui bahwa benar pada hari Jum’at (16/09/2022) tim gabungan BNNP Jawa Tengah, Bea Cukai Tanjung Emas Semarang dan BNNK Lumajang melakukan pengungkapan kasus penyelundupan Sabu dari Malaysia ke Lumajang dan berhasil menangkap tersangka berinisial “AF” warga Dusun Elosan, Desa Randuagung, Kecamatan Randuagung dengan barang bukti 2,9 Kg Sabu yang disembunyikan dalam 2 (dua) jerigen plastik dan dikemas dalam 1 kardus besar dicampur dengan pakaian bekas dan barang-barang plastik lainnya.

Menurut Indra, tersangka “AF” adalah residivis kasus Narkoba jenis Sabu yang pernah ditangkap Sat Reskoba Polres Lumajang sebelumnya. Dalam pemeriksaan, AF mengaku bahwa barang paket sabu tersebut adalah milik NHS (DPO) yang juga warga Dusun Elosan, Desa Randuagung, Kec. Randuagung, Kabupaten Lumajang. NHS juga residivis kasus Narkoba jenis yang sama.

Indra menjelaskan bahwa operasi gabungan tersebut adalah jenis operasi “Controlled Delivery” setelah BNNP Jawa Tengah menerima informasi intelijen dari Bea Cukai bahwa ada pengiriman paket berisi Narkotika jenis Sabu dari Malaysia dengan tujuan Lumajang yang transit di terminal kontainer pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. Kasus ini merupakan pengembangan dari kasus penyelundupan paket sabu dari Malaysia seberat 5 Kg yang diselundupkan dalam Kaligrafi pada Oktober 2021 lalu.

“Sejak dulu kami selalu berkoordinasi dengan BNN lintas wilayah khususnya dalam suplai informasi intelijen berikut hasil analisisnya. Seperti waktu saya berdinas di Sidoarjo, beberapa kali kami berhasil mengungkap kasus penyelundupan sabu dari Malaysia bekerja sama dengan BNNP Jawa Tengah karena beberapa jaringan sindikat yang beroperasi di Jawa Timur seringkali menggunakan wilayah Jawa Tengah sebagai transit. Makanya bulan Juli kemarin saya ke BNNP Jawa Tengah untuk melakukan koordinasi terkait jaringan sindikat Narkoba lintas negara ini untuk mencocokkan database intelijen kami”. kata Indra.

Indra menjelaskan bahwa hari Rabu malam, dirinya menerima telepon dari Kabid Berantas BNNP Jawa Tengah Kombes Pol Arief Dimjati, bahwa ada paket isi Sabu dari Malaysia menuju Randuagung, Lumajang. Setelah menerima informasi tersebut, Indra menyatakan kesiapannya untuk membackup tim BNNP Jateng untuk melakukan operasi Controlled Delivery di Lumajang,

“Kombes Arief itu asli Jatiroto, dulu kami sama-sama di Direktorat Intelijen BNN Pusat, beliau tahu karakteristik wilayah tujuan paket itu, wong sama-sama asli Lumajang, makanya beliau kontak saya untuk memastikan backup kami siapkan”. tambah Indra.

Setelah berkomunikasi dengan BNN Lumajang, Tim BNNP Jawa Tengah langsung berangkat menuju Lumajang, setelah melakukan operasi senyap di wilayah Kabupaten Lumajang selama lebih kurang 30 jam, akhirnya tim gabungan berhasil menangkap pelaku di Pasar Randuagung pada hari Jum’at tanggal 16 September 2022 siang.

“Sayangnya tersangka lain inisial “NHS” melarikan diri, kami sudah terbitkan DPO, dan saya dibantu Kapolres Lumajang dan Komandan Kodim Lumajang untuk melakukan pelacakan dan pengejaran DPO ini” tandas Indra. (Rhm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button