Nasional

Bos Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja Tutup Usia

image_pdf

BeritaNasional.ID Jakarta – Pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja meninggal dunia pada Sabtu, 26 Januari 2019 pukul 19.43 Wib. Jenazah saat ini disemayamkan di rumah duka Sentosa, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Managing Director Sinar Mas, Gandi Sulistiyanto menyampaikan, jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga yang berada di Desa Marga Mulya, Karawang, Jawa Barat pada Sabtu, 2 Februari 2019.

“Saat ini masih prosesi dari keluarga. Untuk para pelayat dapat menyampaikan belasungkawa mulai pukul 19.00 WIB,” kata Gandi Sulistiyanto, di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (27/1/2019).

Sejumlah karangan bunga sudah mulai memenuhi jalan menuju ke rumah duka, di antaranya dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Mantan Presiden Indonesia BJ Habibie, Kabareskrim Polri Irjen Pol Idham Azis, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Akbar Tanjung, Menteri Desa PDT & Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, dan dari berbagai perusahaan.

Eka Tjipta Widjaja (alias Oei Ek Tjhong) adalah seorang pengusaha dan pendiri Sinar Mas. Menurut Forbes, Eka adalah orang terkaya ketiga di Indonesia dengan kekayaan mencapai US$ 8,6 miliar per bulan Desember 2018.

Eka Tjipta dilahirkan dari keluarga miskin di Fujian, Republik Rakyat Tiongkok. Pada tahun 1931, bersama ibunya dia melakukan migrasi ke Makassar, Sulawesi Selatan, menyusul ayahnya yang terlebih dahulu berangkat. Sebagai imigran Tiongkok di Indonesia, Eka Tjipta mengawali karirnya menjual biskuit saat masih remaja.

Kini kerajaan bisnisnya meliputi bisnis media, real estate, jasa keuangan, energi, agribisnis, dan telekomunikasi. Ia juga merupakan pendiri Eka Tjipta Foundation. (dki1/bn)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close