DaerahJawa TimurSitubondo

BP Batam dan NKI Gelar Seminar Membangun Semangat Ekspor Untuk Meningkatkan Ekonomi Nasional

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JAWA TIMUR,- Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) bekerjasama dengan Nasim Khan Indonesia (NKI) dan Anggota Komisi VI DPR RI, HM. Nasim Khan melaksanakan seminar Membangun Semangat Ekspor Untuk Meningkatkan Ekonomi Nasional, Sabtu (18/11/2023).

Seninar yang berlangsung di Aula Ball Room Edlotus Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo ini dihadiri oleh Anggota Komisi VI DPR RI, HM. Nasim Khan, Tim Nasim Khan Indonesia, Perwakilan BP Batam dan diikuti 300 peserta dari 17 kecamatan di wilayah Kabupaten Situbondo.

Keterangan yang disampaikan Sofyan Plt Kepala Bagian Promosi BP Batam dalam sambutannya melalui Zoom Metting mengatakan bahwa, BP Batam dalam perjalanan yang sudah mencapai setengah abad lebih otoritas Batam terus berkembang dan maju. BP Batam terus berkomitmen dalam membangun kawasan Batam yang terus melaju pesat dalam menuju kota industri yang diperhitungkan di Indonesia saat ini.

“Batam memilik daya tarik tersindiri sebagai wilayah yang berstatus wilayah perdagangan bebas maupun kawasan ekonomi khusus yang sudah dilengkapi sejumlah fasilitas yang mendukung dan ditambah sejumlah perusahaan profesional yang membuka cabang di Batam memberikan dampak yang positif bagi iklim investasi dalam kegiatan ekspor. Sehingga Batam bisa disebut sebagai kota primadona untuk investasi di wilayah Indonesia bagian barat,” jelas Sofyan.

Sementara itu, Purwiyanto Wakil Kepala BP Batam mengatakan, Batam mempunyai letak yang strategis di antara Singapore dan Malaysia yang dipisahkan dengan selat Malaka. “Batam telah berkembang bagi industri perkapalan selama 50 tahun terakhir. Selain itu, Batam juga di kenal dengan perdagangan dan pelabuhan bebas. Batam juga terkenal dengan kawasan ekonomi khusus,” jelas Purwiyanto Wakil Kepala BP Batam melalui Zoom Metting atau video confrens.

Lebih lanjut, Purwiyanto mengatakan, untuk meningkatkan ekosistem investasi, pertumbuhan ekonomi, perluasan lapangan kerja dan peningkatan daya saing kawasan, wilayah Batam terus berkembang pesat. “Ketentuan ini menjadi angin segar para insvestor asing dan secara otomatis meningkatkan nilai tambah pendapatan untuk bersaing dengan negara lainnya di kawasan Asia Pasifik,” tuturnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Purwiyanto Wakil Kepala BP Batam dalam arahannya melalui video confrennya dihadapan peserta Seminar yang berlangsung di Aula Ball Room Edlotus Situbondo. Namun dia menjelaskan bahwa, sebagai kota dengan kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas serta kawasan ekonomi khusus, Batam memiliki fasilitas insfrastruktur jalan yang memadai.

“Agar mobilitas logistik menuju ke bandara dan pelabuhan tidak terhambat, maka jalan tersebut telah dibangun dengan baik. Kami juga punya rencana besar untuk melaksanakan perbaikan dan perkembangan pembangunan jalan di Kota Batam yang rencananya di bangun pada tahun 2024 mendatang,” tutur Purwiyanto Wakil Kepala BP Batam.

Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto menjelaskan, Batam juga membutuhkan insfrastruktur yang menghubungkan negara-negara lain di seluruh Dunia. “Untuk itu, Batam akan membangun dan merenovasi bandara, perluasan terminal penumpang pesawat dan kargo baru, membuka rute-rute penerbangan baru baik domistik maupun internasiol dan trasit. Selain memperkuat pembangunan penerbangan, Batam juga akan memperluas pembangunan pelabuhan agar mampu menampung keluar masuk barang sesuai dengan permintaan pasar global,” pungkas Purwiyanto.

Dilain pihak, Anggota Komisi VI DPR RI, HM. Nasim Khan mengatakan bawa, Seminar Membangun Semangat Ekspor Untuk Meningkatkan Ekonomi Nasional bekerjasama BP Batam dengan NKI ini, baru pertama kali di Indonesia dilaksanakan di Kabupaten Situbondo.

“Untuk itu, saya harapan peserta Seminar Membangun Semangat Ekspor Untuk Meningkatkan Ekonomi Nasional ini, mampu menyerap ilmu yang disampaikan oleh Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto melalui video confrennya. Sebab, Seminar ini sangat bermanfaat bagi para peserta yang mengikutinya,” harap Nasim Khan.

Tak hanya itu yang disampaikan Nasim Khan, namun politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada BP Batam yang bekerjasama dengan NKI melaksanakan Seminar Membangun Semangat Ekspor Untuk Meningkatkan Ekonomi Nasional di Kabupaten Situbondo. “Semoga ke depan BP Batam kembali melaksanakan Seminar Nasional di Kabupaten Situbondo,” kata Nasim Khan. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button