DaerahSulawesi SelatanWajo

Breaking News: Andi Bataralifu Diamanahkan Jabat PJ Bupati Wajo

BeritaNasional. ID, Wajo – Penjabat (PJ) Bupati Wajo secara resmi diamanahkan kepada Andi Bataralifu. Hal tersebut tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri Nomor: 100. 2. 1. 3-577 Tahun 2024 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Wajo Provinsi Sulawesi Selatan yang diterbitkan di Jakarta pada Jumat (16/2/2024).

Andi Bataralifu sendiri diketahui adalah seorang putra daerah Sulawesi Selatan yang lahir di Maddukelleng pada 6 September tahun 1971 silam.

Beliau menyelesaikan pendidikan sarjananya di Institut Ilmu Pemerintahan Jakarta dengan jurusan Ilmu Pemerintahan dan kemudian menyelesaikan pendidikan magisternya di Universitas Hasanuddin dengan jurusan Ilmu Perencanaan Kota dan Daerah.

Saat ini beliau diketahui menjabat sebagai Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri sejak dilantik pada tanggal 18 Agustus 2020 lalu.

Selain itu, beliau juga pernah menjabat pelbagai jabatan penting seperti:

  • Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus, dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah pada tahun 2019 hingga tahun 2020;
  • Plt Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus, dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah pada tahun 2019;
  • Plt Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pada tahun 2018 hingga tahun 2019;
  • Kepala Subdit Wilayah I pada Direktorat Fasilitasi Kepala Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dari tahun 2015 hingga 2018;
  • Kepala Subdit Fasilitas Kepala Daerah dan DPRD Wilayah IV pada Direktorat Fasilitasi Kepala Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pada tahun 2014 hingga 2015;
  • Kepala Subdit Urusan Pemerintahan Daerah Bidang I/2 pada Direktorat Urusan Pemerintahan Daerah I (2012-2014).

Sebagaimana ketentuan yang berlaku, maka Andi Bataralifu akan segera dilantik menjadi PJ Bupati Wajo dengan masa jabatan paling lama 1 (satu) tahun terhitung sejak tanggal pelantikannya.

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan PJ Bupati Wajo ini akan dilaksanakan pada hari Rabu (21/2/2024) pada pukul 16.00 Wita di Aula Tudang Sipulung (Rujab Gubernur Sulawesi Selatan) tepatnya di Jl. Sungai Tangka No. 31, Makassar.

Sekadar diketahui, beliau dilantik untuk memangku jabatan orang nomor satu di Kabupaten Wajo guna mengisi kekosongan jabatan bupati yang sebelumnya dijabat oleh Amran Mahmud namun telah berakhir periode kepemimpinannya. (AIM/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button