MetroSulawesi

Breaking News – Raden Djamun Sunjoto: Empat Desa Di Mubar Mengalami Kenaikan Status Desa Berkembang

BeritaNasional. ID, MUNA BARAT –Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Muna barat menyampaikan hasil IDM Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021 yang ditetapkan Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan pada tanggal 15 Juli 2021 kepada Kepala Bappeda Muna Barat , Selasa (24/08/2021)

Menurut Kepala Bappeda Raden Djamun Sunjoto menyampaikan Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021 yang mengacu pada hasil keputusan Nomor: 398.4.1 Tahun 2021 Tentang Status Kemajuan dan Kemandirian Desa.

“Muna barat mengalami kenaikan sebanyak 4 Desa, Desa tertinggal turun 4 Desa, sementara Desa maju tidak ada di Kabupaten Muna Barat,” ujar Raden, Selasa (24/08/2021).

Sementara itu, Kabid Litbang Mukhtar mengatakan jika majunya ekonomi desa dilihat dari kebutuhan ekonomi desa terpenuhi atas dukungan perencanaan yang matang. “Banyak desa tertinggal berasal dari desa pesisir Muna barat antara lain Kecamatan Maginti dan Tiworo Utara sehingga perlu dianalisis berdasarkan hasil IDM 2021 tentang kebijakan apa yang ditempuh agar status tertinggal di kecamatan tersebut tidak ada lagi,” ungkapnya.

Ditempat terpisah, Korkab TPP Muna Barat, LM Junaim mengatakan bahwa menurunnya status Desa tertinggal di Muna barat merupakan bukti keberhasilan pengelolaan Dana Desa dari Pemutakhiran IDM Tahun 2021 ini kemudian akan digunakan dalam penetapan perhitungan Dana Desa Tahun 2022 pada alokasi afirmasi dan alokasi kinerja oleh Kementerian Keuangan.

“Semua dikaji berdasarkan data IDM Tahun 2021 sampai 2022,” tuturnya.

Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) La Supuri menambahkan bahwa status desa berkembang akan digenjot menjadi status desa maju dengan betul-betul merencanakan kebutuhan dasar desa seperti kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

Sementara itu pula, Jasmanto Anggu (TAPM) mengungkapkan bahwa desa-desa di Muna Barat kaya akan potensi sehingga perlu startegi yang matang dan terukur agar desa naik status sampai menjadi desa Mandiri.

“Suksesnya pemutakhiran IDM yang dicapai pada tahun 2021 ini adalah hasil kerjasama semua pihak, yang didalamnya terdapat Tenaga Pendamping Profesional Kecamatan dan Desa, Pemerintah desa, Kecamatan sehingga kerja kerja pendataan IDM sukses dan berhasil,” jelasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button