Headline

BSG Launching KUR Klaster Bohusami Di Bone Bolango, Hamim Pou : Puluhan Ribu UMKM Di Bone Bolango Butuh Sentuhan Perbankan

 

BeritaNasional.ID, Bone Bolango – Komitmen Bank SulutGo terhadap peningkatan ekonomi masyarakat kecil melalui pembiayaan terhadap UMKM yang ada di Bone Bolango patut diancungi jempol. Pasalnya Bank SulutGo atau disingkat BSG ini membuktikan komitmennya tersebut dengan meluncurkan secara resmi Ekosistem Pembiayaan KUR Klaster Bohusami Melalui Pola Kemitraan kepada pelaku UMKM di Bone Bolango bertempat di Auditorium Bone Bolango, Selasa (12/07/2022).

Kegiatan ini di hadiri langsung oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer yang membuka secara resmi kegiatan Launching Ekosistem Pembiayaan KUR Klaster Bohusami tersebut.

Dari Pemda Bone Bolango, nampak hadir Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan Sekda Bone Bolango beserta sejumlah pimpinan OPD. Tak ketinggalan pula Ketua DPRD Bone Bolango Halid Tangahu.

Sementara itu selain Kepala OJK SulutgoMalut Winter Marbun, dari pihak perbankan yang hadir adalah Direktur Utama PT. BSG Revino M. Pepah serta Branch Manager BSG Suwawa Kasmir Abdul Hamid.

Dalam sambutannya Kepala OJK SulutgoMalut Winter Marbun menyebut bahwa dampak Covid-19 masih terasa hingga saat ini. Namun pemerintah termasuk OJK terus berupaya mewujudkan pemulihan ekonomi.

“Oleh karena itu kami dari OJK berupaya membuat beberapa kebijakan khususnya di sektor keuangan sehingga pemulihan ekonomi ini bisa berjalan dengan baik diantaranya melalui penguatan peran sektor – sektor jasa keuangan yang ada di Indonesia ini,”terang Winter.

Lebih lanjut Winter menjelaskan bahwa selain penguatan peran sektor – sektor jasa keuangan untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, hal lain yang merupakan fokus kebijakan OJK di tahun 2022 ini adalah memperluas akses keuangan kepada masyarakat.

“Implementasi dari kebijakan itu diantaranya kami mendorong pembiayaan model klaster dalam suatu ekosistem pembiayaan,”ucapnya.

Masih kata Winter bahwa untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di masyarakat kecil itu tulang punggungnya adalah akses keuangan.

“Kita berupaya mendorong supaya masyarakat itu dimana-mana gampang memperoleh produk-produk dan layanan pembiayaan ini. Salah satunya dengan kita launching Ekosistem Pembiayaan KUR ini,”tandasnya.

Senada dengan Winter Marbun, Bupati Bone Bolango Hamim Pou dalam sambutannya mengungkapkan bahwa masih banyak pelaku UMKM di Bone Bolango yang membutuhkan pembiayaan dari perbankan.

“Puluhan ribu UMKM kami di Bone Bolango yang sangat membutuhkan sentuhan (pembiayaan,red) dari perbankan. Apalagi dengan kredit yang sangat murah dengan bunga yang hanya 6% seperti ini. Tentu ini sangat menguntungkan karena bisa nengikis para rentenir dan mampu meningkatkan perekonomian di Bone Bolango,”ungkap Hamim.

Sementara itu Direktur Utama PT. BSG Revino M. Pepah mengatakan bahwa untuk layanan KUR ini fokus pada UMKM.

“Lebih banyak yang bisa menikmati fasilitas ini, maka pertumbuhan ekonomi akan cepat. Sehingga kita fokus pada usaha kecil dan mikro. Dan kalau mikro itu di bawah 50 juta tanpa jaminan dan bebas provisi,”terang Revino.

Revino juga mengatakan bahwa plafon anggaran yang disediakan untuk KUR ini sebesar Rp.150 Milyar.

“Tentu ini tidak kita berikan tanpa ada penilaian.Tetap kita seleksi. Tapi yang paling penting bagaimana UMKM ini bisa naik kelas,”ujarnya

Selain Dirut BSG Revino M. Pepah, Branch Manager BSG Suwawa Kasmir Abdul Hamid mengatakan bahwa untuk bisa mendapatkan layanan KUR ini sangat mudah tapi tetap melalui persyaratan – persyaratan yang ada di BSG.

“Sebenarnya sangat mudah untuk mengakses ke Bank sepanjang mereka benar-benar mempunyai usaha. Dengan catatan tidak memiliki kewajiban lain yang bermasalah di Bank lain. Jadi syarat-syaratnya mudah,”jelas Kasmir. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button