Daerah

BST Warga Desa Wayut Disalurkan

BeritaNasional. ID, Madiun – Setelah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepada 113 orang penerima beberapa waktu lalu, Pemerintah Desa Wayut Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun  kembali melakukan pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari pemerintah pusat, Rabu (20/5/2020) di Aula desa setempat.

Kepala Desa Wayut  Subroto mengatakan, jumlah warganya yang tercatat sebagai penerima BST sebanyak 352 orang.

Pencairan dilakukan via Pos Indonesia yang datang langsung di lokasi. Protokol pencegahan penyebaran Covid-19 tetap diterapkan dalam pencairan bantuan ini.

Penerima maupun petugas wajib memakai masker. Sebelum registrasi data diri, calon penerima diharuskan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir di wastafel yang disediakan di depan gedung.

Setelah itu, mengantri di dalam untuk menunggu pencairan. Ruang tunggunya pun menerapkan Psycal Distancing atau jaga jarak.

“Jaraknya sekitar 1 meter antara warga satu dengan yang lainnya,” imbuh subroto

Perlu diketahui bahwa BST merupakan program langsung dari pemerintah pusat melalui kementerian sosial yang diberikan kepada warga miskin yang terdampak Covid-19.

Proses pendataan penerima serta penyaluran/pencairannya merupakan kewenangan pihak pemerintah pusat. Sedangkan program bantuan yang proses pendataan penerima serta penyaluran/pencairannya merupakan kewenangan pihak pemerintah desa adalah BLT yang bersumber dari Dana Desa atau lazim disebut BLT DD.

Subroto berharap, dengan disalurkanya BST ini dapat membantu meringankan beban warga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close