DaerahSulawesi

Budidaya Rumput Laut membawa Warga Pesisir Sinjai Sejahtera

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Kabupaten Sinjai merupakan Wilayah dengan sektor kelautan dan perikanan yang amat kaya. Salah satu primadona laut yang telah membawa pundi-pundi bagi masyarakatnya adalah budidaya rumput laut.

Rumput laut merupakan salah satu komoditas utama perikanan budidaya yang menjadi andalan dalam peningkatan produksi, meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Pengembangan budidaya rumput laut secara sinergi dan simultan nyata telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai, dengan memberikan sejumlah bantuan baik berupa benih maupun sarana budidaya rumput laut, setiap tahunnya.

“Produksi budidaya rumput laut yang dihasilkan oleh masyarakat Sinjai pada tahun 2022 mencapai ribuan ton”. Demikian disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai Syamsul Alam, Rabu (19/4/2023).

Syamsul Alam melanjutkan bahwa Pembudidaya telah berhasil memproduksi jenis rumput laut spinosium sekitar 25 ribu ton. Jumlah tersebut tidak berbeda jauh dengan produksi untuk jenis rumput laut gracilaria.

“Untuk jenis spinosium itu dihasilkan oleh pembudidaya di Kecamatan Pulau Sembilan dan untuk jenis gracilaria dihasilkan oleh pembudidaya yang ada di kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Timur dan juga di Kecamatan Tellulimpoe,” Jelasnya

Lebih lanjut, Syamsul Alam mengungkapkan bahwa Pembudidaya juga sudah memulai u membudidayakan jenis rumput laut eucheuma cottonii. Jenis rumput ini dinilai memiliki kualitas yang lebih bagus dan pangsa pasar yang menjanjikan.

Salah satu contoh yang bisa menjadi bukti keberhasilan budidaya ini yaitu petani rumput laut yang berada di Desa Tongke-tongke yang mengembangkan jenis rumput laut eucheuma cottonii dan menghasilkan 40 ton.

Karena potensi tersebut, perairan di Desa Tongke-tongke ini dilirik oleh Universitas Shanghai Tiongkok bekerjasama dengan Unhas Makassar sebagai lokasi pengembangan budidaya rumput laut jenis eucheuma cottoni.

Untuk mendukung peningkatan kualitas produksi rumput laut, Pemerintah Kabupaten Sinjai terus melakukan pemberdayaan kepada kelompok pembudidaya serta pendampingan melalui penyuluh perikanan di wilayah masing-masing sehingga mereka dapat meningkatkan produksi hasil budidaya rumput laut. (Acca/BeritaNasional.ID)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button