ACEHAceh TamiangPendidikan

Buka Kegiatan Pembinaan Minat, Bakat dan Kreativitas Siswa, Ini Pesan Catur Hayati

BeritaNasional.ID, ACEH TAMIANG — Era digitalisasi saat ini, tidak ada alternatif lain bagi sekolah untuk dapat berkompetitif dengan sekolah lain di berbagai aspek, salah satunya dengan menggelar kegiatan pembinaan minat, bakat dan kreativitas siswa jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Hal itu disampaikan Bupati Aceh Tamiang, Meurah Budiman yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Tamiang Catur Hariyati saat membuka kegiatan pembinaan minat, bakat dan kreativitas siswa jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), bertempat di Gedung Sport Center Tanah Terban, Senin (05/06/23).

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mendukung kegiatan ini, karena di era digitalisasi saat ini, tidak ada alternatif lain bagi sekolah untuk dapat berkompetitif dengan sekolah lain di berbagai aspek, salah satunya dengan menggelar kegiatan ini. Selain itu mempersiapkan sumber daya manusia handal juga tak kalah pentingnya, jika tidak sekolah akan tertinggal dengan sekolah lain,” jelasnya.

Catur Hayati menyampaikan bahwa kegiatan di isi dengan Kegiatan Olimpiade Sain Nasional (OSN), Kegiatan Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN), Festval Lomba Seni Siswa nasional (FLS2N) dan Gala Siswa Indonesia (GSI) yang diselenggarakan setiap tahunnya.

“Kegiatan ini tidak hanya berorientasi pada kejuaraan. Akan tetapi esensinya terletak pada nilai pendidikan, yaitu menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar (learning experience),” pesan Catur Hayati.

Selain itu, dirinya juga menekankan kejujuran dan sportif dalam mengikuti ajang perlombaan ini harus menjadi dasar.

“Kegiatan ini merupakan moment yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak kita untuk dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi, dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan,” ujarnya.

Dirinya berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan untuk mengali dan mengembangkan bakat dan minat peserta didik baik akademik maupun non akademik, dan akan terus berlanjut, bukan sekedar seremonial tahunan, sekedar untuk mengejar serapan anggaran yang telah dirancang, tapi kegiatan ini akan menjadi motivasi agar anak-anak didik terus bergerak dan berprestasi.

Sebelumnya dalam laporan, Kepala Dinas Pendidikan Abdul Muthalib, menjelaskan bahwa kegiatan hari ini diikuti oleh tingkat SD dan SMP dengan berbagai cabang olahraga.

“Untuk cabang olimpiade pelajaran yang dilombakan IPA, Matematika dan IPS. Untuk cabang nasional yang diperlombakan salah satunya renang, bulutangkis, pencak silat dan untuk Festival lomba seni olahraga yang diperlombakan diantaranya adalah penyanyi solo, pantomim, tari kreasi, kreatifitas musik nasional dan beberapa lainnya,” jelasnya.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 8 (delapan) hari yang berpusat di Gedung SKB dan GOR. Dengan jumlah peserta tingkat Sad sebanyak 360 orang dan tingkat SMP 411 serta 186 pendamping.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Unsur Forkopimda Aceh Tamiang, para Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Ketua Koni, Ketua Cabang Olahraga dalam Kabupaten Aceh Tamiang, para Kepala Sekolah tingkat SD dan SMP, para guru Pendamping serta tamu undangan lainnya. ()

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button