ReligiSumatera

Buka MTQ Nasional ke 50 Tingkat Kabupaten Pasaman, Sabar AS: Aktualisasikan Norma-Norma Islam

Berita Nasional.ID, PASAMAN,– Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional adalah  suatu upaya konkrit pemerintah mendorong masyarakat agar menyikapi nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al Qur an dan dijadikan sebagai pedoman hidup.  Bukanlah sekedar lomba untuk mencari qori-qoriah dan hafizd hafidzah terbaik.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS, pada pembukan  acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke 50 Tingkat Kabupaten Pasaman, Senin, 17 Oktober 2022 di Kecamatan Rao Utara.

Sabar AS selanjutnya menyampaikan, bahwa kegiatan MTQ merupakan kegiatan yang telah melekat dalam kultur masyarakat, yang diharap  sebagai upaya pemerintah bersama masyarakat untuk menggiatkan generasi Islam mendalami arti, makna, kandungan dan keindahan Al Qur’an.

Disamping itu, menurut Sabar AS, penyelenggaraan  MTQ  Nasional merupakan agenda rutin, mempunyai daya tarik tersendiri sebagai media menggiatkan generasi umat Islam agar lebih gemar membaca, lebih gemar mempelajari dan mengamalkan ajaran Al qur’an di tengah derasnya arus perubahan sosial dan budaya dewasa ini.

“Maka dengan diselenggarakannya MTQ Nasional ke 50 Tingkat Kabupaten Pasaman di kecamatan Rao Utara ini,  dapat menjadi aktualisasi falsafah: Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Sekaligus menjadi motivasi untuk lebih serius mengamalkan ajaran dan nilai-nilai Islam, yang akan mendukung terwujudnya kehidupan masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat”, harapnya.

Disampaikan juga,  pelaksanaan MTQ ini merupakan salah satu wujud nyata menyatunya dukungan dan partisipasi seluruh unsur pemerintah, masyarakat, ninik-mamak, alim- ulama, cadiak pandai, bundo kanduang serta elemen masyarakat lainnya agar lahir qori/qoriah dan hafiz/hafizah terbaik dari kabupaten Pasaman.

“Untuk tujuan memotivasi, Pemkab Pasaman menyediakan bonus / uang pembinaan kepada kontingen kafilah kecamatan yang berhasil meraih juara umum, peringkat II dan III. Akan diberikan hadiah berupa uang pembinaan untuk LPTQ Kecamatan”, ucap Sabar AS.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kabupaten Pasaman Drs.H. Mara Ondak, MM kepada awak media menyampaikan:  MTQ ke 50 Tingkat Kabupaten Pasaman Tahun 2022 ini diselenggarakan berdasarkan Keputusan Bupati Pasaman Nomor. 188.45/419/BUP-PAS/2022 tentang Oenunjukan Kecamatan Rao sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan.

Dalam acara pembukaan MTQ Nasional ke 50 Tingkat Kabupaten Pasaman tersebut, hadir  seluruh unsur Firkopimda, Anggota DPRD Prov.Sumbar dari dapil Pasaman dan Pasaman Barat,  Anggota DPRD Kab.Pasaman dapil Mapattunggul-Rao, dan Rao Utara, Kepala OPD Pemkab Pasaman, Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Pasa

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button