AdvedtorialPemkab WajoWajo

Buka Pameran Bumdes Expo, Bupati Wajo; Silahkan Berinovasi

image_pdf

BeritaNasional.ID, Wajo – Pameran Bumdes Expo yang merupakan rangkaian kunjungan kementerian Desa dan Transmigrasi secara resmi dibuka Bupati Wajo Amran Mahmud di Atakkae, Selasa 17 September 2019.

Pelaksanaan expo ini dilatarbelakangi  dari nawacita  Jokowi ingin membangun Desa dari pinggiran yang salah satu program unggulannya adalah bagaimana membangun dan menggerakkan inovasi Desa dan membangun ekonomi Desa dari pelosok penggerak melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Kepala Dinas PMD Syamsul Bahri mengatakan kalau Ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Wajo khusus Visi dari Bupati dan Wakil Bupati Wajo yang di urai dalam 25 program nyata yang salah satunya dalam membangun inovasi setiap Kecamatan, menggerakkan roda perekonomian, roda pemberdayaan di masyarakat di Kabupaten Wajo dengan program inovasi Kecamatan yang didukung oleh inovasi setiap Desa.

“Expo ini kita laksanakan dengan tujuan salah satunya adalah bagaimana seluruh Desa di Kabupaten Wajo menunjukkan hasil inovasinya masing-masing, berdasarkan produk unggulan dan potensi Desa masing-masing melihat antar Desa satu dengan Desa yang lain,” jelas Syamsul Bahri,

Bupati Wajo Amran Mahmud mengatakan menandai dimulainya Expo Bumdes, atau Badan Usaha Milik Desa dan gelar inovasi Desa se Kabupaten Wajo, dimana beberapa waktu yang lalu sudah dilaksanakan dalam bentuk Zona dan hari ini dilanjutkan dengan expo Bumdes untuk sekaligus menjadi wadah tempat mengapresiasi semua, sekaligus terus berinovasi dengan menumbuhkembangkan kreativitas potensi di setiap desa untuk ditampilkan dalam rangka mencapai visi dan misi 5 tahun kedepan.

“Ini sesuai dengan visi misi kita, ada tiga rangkaian program dari 25 program yang sangat terkait yang harus kita singkronkan. mencetak 10.000 enterpreneurship, bagaimana bisa bersinergi bekerja keras mencetak 10.000 enterpreneurship,” ungkapnya.

Bupati Wajo lanjut mengatakan kalau satu saja program dari Kementerian dikawal dengan baik, dimana ada bantuan rumah tangga miskin lebih dari 3.200 rumah tangga yang akan dibantu dengan 50 ekor ayam di setiap rumah tangga, lengkap kandangnya, lengkap makanannya Kalau dikawal dengan baik, ini bisa membuat mereka mandiri, bisa berdaya dan bisa maju usahanya, dan akan dikawal oleh Kapolsek, Danramil, Camat serta Kepala Desa sehingga sudah bisa terbentuk rumah tangga Mandiri yang bisa berwirausaha.

“Sekarang ini, juga kita sudah mendapatkan fasilitas dengan menjadi pilot project percontohan khususnya di pulau Sulawesi tepatnya di Wajo, dengan menjadi percontohan dari Kementerian Pemuda dan olahraga untuk membina wirausaha muda,” kata Bupati Wajo.

Di akhir acara dilanjutkan dengan pemukulan Gong oleh Bupati wajo yang menandai dimulainya acara expo ini.( Humas Pemkab Wajo )

Show More

Related Articles

Back to top button
Close