DaerahMetroTNI Dan Polri

Bukti Nyata Ipda Rudy Soik Membumikan Gerakan Hijau di TTU

BeritaNasional.ID-Kefamenanu NTT,- Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Biboki Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yang belum lama ini dilantik melakukan aksi nyata penanaman 5000 pohon pinang Alor, Pohon Mahoni, Pohon Jambu Bangkok tanpa biji, dengan membagikan kepada masyarakat di 2 Kecamatan yakni Biboki Utara dan Biboki Feotleu, Kamis 28 Juli 2022 di Aula Mapolsek Biboki Utara Pagi.

Kapolsek Biboki Utara, Ipda Rudy Soik, SH mengatakan World Economic Forum pada The Global Risk Report 2019 dinyatakan, perubahan iklim menempati posisi paling atas sebagai penyebab musibah global.

“Seperti bencana alam, cuaca ekstrem, krisis pangan dan air bersih, hilangnya keanekaragaman hayati, dan runtuhnya ekosistem di seluruh dunia,” katanya, saat memberikan sambutan kepada masyarakat 2 kecamatan di Kabupaten TTU ini.

Dijelaskan Rudy, masih membekas juga diingatan di awal tahun 2021 di sejumlah wilayah di Indonesia termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), mengalami musibah banjir yang dampaknya sangat besar.

Melihat dari dampak tersebut, Jajaran Polsek Biboki Utara berupaya untuk menyelamatkan kondisi alam dari kerusakan yang timbul salah satunya melalui penghijauan lingkungan dengan menggerakkan penanaman pohon.

Kegiatan penanaman pohon ini tentunya belum sebanding dengan luasnya kerusakan lingkungan yang terjadi, namun demikian upaya ini sangat berharga bila dilakukan secara konsisten dan kesungguhan. “Setiap pohon yang ditanam dapat hidup tumbuh subur, dan bermanfaat bagi semua,” katanya.

Ia mengatakan disamping suasana pandemi yang melanda dan berlangsung hingga saat ini, masalah lainnya yang dihadapi adalah perubahan iklim yang cukup ekstrim.

Kapolsek Biboki Utara bersama tokoh masyarakat di Aula Mapolsek Biboki Utara. (Dok. Bernas.ID)

Menurut dia, kegiatan ini secara seremonial adalah menanam pohon, namun semangatnya ini bisa menjadi gaya hidup masyarakat TTU khususnya Biboki untuk menanam dan memelihara pohon sebagai penghijauan.

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat TTU khususnya Biboki, ayo kita menanam mudah-mudahan berkat kita menanam suasana keteduhan kenyamanan akan menyertai kita semua,” katanya.

Ia Menambahkan, bahwa ini menjadi bagian dari ‘Program Polri Peduli Penghijauan’, giat penanaman pohon simbolis di area sekitar Mako, dipimpin langsung oleh Kapolsek Biboki Utara Ipda Rudy Soik. Ikut hadir meramaikan giat tanam serentak yakni, Pihak Gereja, Anggota Polsek Biboki Itara serta Kepala Desa dan tokoh masyarakat.

Disampaikan lagi oleh Ipda Rudy, bahwasanya kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kita sebagai Anggota Polri terhadap lingkungan yang ada di sekitar kita, utamanya di wilayah Polres Timor Tengah Utara. “Semoga pohon-pohon yang sudah kita tanam ini, kelak dapat membawa manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat”, tambahnya.

Penanaman simbolis di Mako Polsek Biboki Utara.( Dok. Bernas.ID)

Sementara, kepala desa Tualene, Ferdinand Pandie Adoe ketika dimintai tanggapan seputar kegiatan penghijauan bumi ini, ia menyampaikan apresiasi atas langkah-langkah positif yang telah dilakukan Polsek Biboki Utara di  2 kecamatan yang meliputi;

Kecamatan Biboki Utara :
1.Kelurahan Boronubaen Timur
2. Desa Boronubaen
3. Desa Tualene
4. Desa Hauteas
5. Desa Hauteas Barat
6. Desa Biloe
7. Desa Taunbaen
8. Desa Taunbaen Timur
9. Desa Sapaen
10. Desa Lokomea

Kecamatan Biboki Feotleu:
1. Desa Manumean
2. Desa Makun
3. Desa Naku
4. Desa Kuluan
5. Desa Birunatun

“Kami selaku masyarakat Desa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Kapolsek beserta jajarannya atas perhatianya terhadap alam di lingkungan kami,” ujarnya.

Ia menambahkan, Hadirnya Kapolsek baru Biboki Utara ini, selain memprioritaskan situasi kamtibmas yang kondusif, juga memperhatikan seputar kepentingan alam dan lingkungan sekitar.

“Puji Tuhan dengan adanya penghijauan ini, kita mewariskan kebaikan untuk anak cucu kita nanti. Kami berharap kegiatan ini dapat terus ditingkatkan,” jelasnya. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button