DaerahNasionalRagamSumateraSUMUT

Bunga Bangkai Mekar di Deli Serdang-Sumut

BeritaNasional.ID, Deli Serdang – Untuk kedua kalinya bunga bangkai (Amorpophallus titanum) tumbuh mekar di Desa Namo Suro Baru, Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Sumut. Penemuan bungan bangkai ini bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, di Desa Namo Suro Baru, Kecamatan Sibiru biru, Deli Serdang.

Bunga bangkai mekar sempurna pada Sabtu, 5 Juni 2021 tepat pukul 20.30 Wib. Setelah tahun lalu muncul dan mekar, tahun ini juga, bunga bangkai ini mekar sempurna lagi pada Sabtu lalu.

Pengamatan bunga bangkai ini sudah dimulai oleh anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisata Alam Ras Namo Suro Baru (Waras Nasuba) Sastra Milala, satu bulan lalu sejak tumbuhnya calon bunga. Sebelum mekar tanggal 5 Juni 2021, bunga ini juga telah mekar pada tanggal 13 Mei 2021 yang lalu. Bunga bangkai yang mekar pada tanggal 5 Juni 2021 tingginya mencapai 130 cm, dengan lebar bunga saat mekar 127 cm dan tinggi tongkol (spadix) 150 cm.

Pokdarwis Waras Nasuba berdiri sejak awal Juli 2020 dan menjadi binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, bersama Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Deli Serdang, dalam pengembangan wisata, terutama wisata edukasi Konservasi Bunga Bangkai. Bunga bangkai mengilhami kelompok mereka, sekaligus bunga tersebjt menjadi logo Pokdarwis Waras Nasuba dalam pengembangan wisata yang berkelanjutan.

Kepala Sub Bagian Humas BBKSD A Sumut Andoko Hidayat, mengatakan, bungan bangkai itu mekar bertahan sehari semalam. Selama seminggu berangsur layu dan habis. Nantinya bunga ini meninggalkan tongkol, setelah seminggu, sebut Andoko Hidayat.

Dikatakanya lagi, pengamatan bunga bangkai ini sudah dimulai oleh anggota Kelompok Sadar Wisata, Wisata Alam Ras Namo Suro Baru, Sastra Milala. Diketahui awal sejak satu bulan lalu, dimulai tumbuhnya calon bunga.

Sebelum mekar pada 5 Juni 2021, bunga ini juga telah mekar pada 13 Mei 2021 yang lalu. Bunga bangkai yang mekar pada 5 Juni 2021 ini, diketahui memiliki tinggi 130 cm, dengan lebar bunga saat mekar 127 cm dan tinggi tongkol (spadix) 150 cm, ungkap Andoko Hidayat.

Pada kunjungan Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang diwakili Kepala Bidang Teknis Ir.Irzal Azhar, M.Si, didampingi Staf Ida Marni dan Samuel Siahaan, S.P, ke lokasi, pada Minggu 6 Juni 2021.

BBKSDA Sumut sangat mengapresiasi kepedulian Kelompok Sadar Wisata, dalam menjaga kelestarian habitat bunga bangkai. Mereka telah membuat tanda pembatas, dan dipasangnya poster himbauan berupa larangan agar tidak mengganggu bunga bangkai.

Dalam kunjungan tersebut, Kabid Teknis disambut Ketua Pokdarwis Waras Nasuba, Eron Tarigan didampinggi anggota Pokdarwis lainya, memberi semangat untuk berkarya dan berbuat dalam pengembangan wisata khususnya dalam upaya konservasi bunga bangkai. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button