AsahanDaerah

Bupati Asahan Buka Festival Qasidah & Nasyid Tahun 2023

BeritaNasional.ID, ASAHAN SUMUT – Bupati Asahan H. Surya BSc secara resmi membuka pelaksanaan Festival Seni Qasidah / Nasyid tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2023 di lapangan Universitas Asahan Kelurahan Kisaran Naga, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Selasa (19/06/2023).

Sebelumnya Bupati Asahan didampingi Ketua DPRD, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan Forkopimda terlihat melepas pawai ta’aruf yang diikuti para kafilah dari 25 kecamatan di jalan Latsitarda Nusantara VIII menuju panggung utama di lapangan Universitas Asahan.

Kemudian Ketua Panitia Festival Seni Qasidah / Nasyid Kabupaten Asahan Buwono Prawana SIP, MSi dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan itu merupakan program pemerintah secara nasional yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat desa / kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi sampai dengan tingkat nasional. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor : 100.3.3.2-66-1.3 tanggal 16 Juni 2023 tentang pembentukan Panitia Penyelenggara, Dewan pengawas dan Dewan Juri Festival Seni Qasidah / Nasyid tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2023.

Dijelaskannya kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 19 – 23 Juni 2023 ini diikuti cabang bintang vokalis anak – anak putra sebanyak 18 orang, anak – anak putri 15 orang, remaja putra 13 orang, remaja putri 20 orang, serta dewasa putra 12 orang dan dewasa putri 11 orang.

Untuk cabang pop religi anak – anak putra sebanyak 20 orang, anak – anak putri 19 orang dan remaja putra 19 orang serta remaja putri 20 orang. Jumlah peserta seluruhnya sebanyak 202 orang terdiri dari 99 orang putra dan 103 orang putri.

“Bagi peserta terbaik nantinya akan diberikan hadiah berupa sertifikat, uang tunai dan sebagai Duta Kabupaten Asahan ke tingkat Provinsi Sumatera Utara”, urai Buwono.

Sementara Bupati Asahan H. Surya BSc dalam sambutannya menyampaikan festival seni qasidah dan nasyid ini merupakan salah satu upaya dan sarana untuk meningkatkan pembinaan kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Asahan. Seni Qasidah dengan segala syair dan liriknya mengandung nilai – nilai moral religius dan edukatif.

Surya juga merasa bangga karena setiap tahunnya Kabupaten Asahan selalu berprestasi pada festival seni qasidah / nasyid tingkat provinsi maupun nasional. Bahkan pada tahun 2022 yang lalu salah satu putra terbaik Asahan meraih juara terbaik 1 tingkat nasional dari cabang bintang vokalis anak – anak putra.

“Saya percaya masih banyak putra – putri terbaik Asahan lain yang akan mengharumkan nama Kabupaten Asahan dipentas nasional”, ujar bupati.

Sedangkan Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin Harahap SH, MH dalam kesempatan itu menyebutkan festival seni qasidah ini identik dengan seni Islam yang merupakan seni suara yang bernilai da’wah dan mengandung puji – pujian kepada Allah SWT, serta nasihat – nasihat kepada ummat Islam.

Oleh karena itu Baharuddin berharap festival ini dapat dijadikan sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan pembinaan generasi muda Islam sehingga program Imtaq dapat terus ditingkatkan.

“Kepada masyarakat Asahan dapat kami sampaikan bahwa pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Asahan akan terus mendukung program Pemerintah Kabupaten Asahan di segala bidang yang sifatnya mencerdaskan dan membangun sehingga terwujud masyarakat Asahan yang Religius dan berkarakter,” pungkas Ketua DPRD Asahan itu.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemukulan rebana dan pelepasan balon oleh Bupati Asahan beserta tamu dan undangan lainnya.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button