AsahanDaerah

Bupati Asahan Lantik 89 Kepala Desa Terpilih Tahun 2022

BeritaNasional.Id – Asahan, Sumatera Utara – Bupati H. Surya BSc secara resmi telah melantik dan mengambil sumpah jabatan sebanyak 89 Kepala Desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak bergelombang se Kabupaten Asahan Tahun 2022, bertempat di gedung Serba Guna Kisaran, Senin (07/11/2022).

Dalam bimbingan dan arahannya Bupati H. Surya BSc menyampaikan beberapa hal yang harus dilakukan Kepala Desa terpilih berkaitan dengan penyelenggaraan dan pembangunan desa diantaranya dengan melakukan rekonsiliasi di Desa yaitu melakukan penyatuan dan eratkan kembali masyarakat untuk menyatukan persepsi dan komitmen untuk kemajuan desa. Laksanakan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dengan baik dan transparan, sehingga anggaran dapat terserap dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan untuk menciptakan good governance dan clean government.

Kemudian H. Surya BSc menekankan kepada Kepala Desa Terpilih untuk menjalin kemitraan dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), bina hubungan kerja yang baik dan harmonis dengan Lembaga Kemasyarakatan Desa dan seluruh stakeholder yang ada untuk kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

“Hindari pemberhentian perangkat desa yang tidak sesuai dengan peraturan yang ada. Saudara selaku atasan dari perangkat desa harus bisa memberikan pembinaan kepada mereka agar dapat bekerja dan menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai perangkat desa serta menjamin situasi kerja yang kondusif,” ujar Bupati.

Selanjutnya, Surya meminta Kades terpilih untuk segera menyusun Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) untuk melaksanakan visi dan misi sebagaimana disampaikan pada saat kampanye dan disinergikan dengan program pemerintah yang disesuaikan dengan visi Pemerintah Kabupaten Asahan yaitu “Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter”.

Bupati juga mengimbau Kepala Desa terpilih untuk memaksimalkan penggunakan Dana Desa, Alokasi Dana Desa, bagi hasil pajak dan retribusi daerah serta sumber Pendapatan Asli Desa lainnya sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku untuk pembangunan dan pemberdayaan serta pembinaan kemasyarakatan desa.

“Selalu berkonsultasi dengan Camat dan dinas terkait apabila terdapat permasalahan di desa, ataupun hal – hal lain yang memerlukan petunjuk lebih lanjut. Kemudian kepada para istri atau suami Kepala Desa terpilih saya minta untuk memberikan dukungan dan ikut berperan aktif dalam membantu kelancaran tugas – tugas Kepala Desa khususnya PKK Desa dan pemberdayaan perempuan”, pungkas H. Surya BSc sembari berpesan agar dalam menjalankan tugas dapat menerapkan 3T yaitu Tertib Administrasi, Tertib Anggaran, dan Tertib Bekerja.

Dalam pelantikan itu terlihat hadir Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, Ketua DPRD H. Baharuddin Harahap SH, Dandim 0208/AS Letkol Inf. Franki Susanto, Kapolres Asahan AKBP Roman Smaradhana Elhajj, Kajari Asahan Dedyng Wibianto Atabay SH, Ketua PN Kisaran Nelson Angkat SH, para Asisten, Staf Ahli Bupati, OPD, Camat, Ketua Tim Penggerak PKK beserta pengurus, dan Ketua DWP Kabupaten Asahan serta tamu dan undangan lainnya.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button