AsahanDaerah

Bupati Asahan Minta Pemprov Sumut Perbaiki Jalan Lintas Air Joman Menuju Silau Laut

BeritaNasional.ID – Kisaran, Sumatera Utara – Bupati Asahan H. Surya Bsc menyatakan akan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui instansi terkait untuk memperbaiki jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Air Joman dan Silau Laut karena kondisinya saat ini rusak parah.

Hal itu disampaikan Bupati H. Surya Bsc menanggapi aspirasi yang disampaikan pengurus Pimpinan Anak Cabang – Posko Perjuangan Rakyat (PAC – Pospera) Kecamatan Silau Laut dan Air Joman ketika beraudiensi di rumah dinas Bupati setempat, Selasa (26/10/2021).

Dikatakan Bupati, karena aspirasi yang diperjuangkan oleh PAC – Pospera ini adalah kepentingan masyarakat maka Pemerintah Kabupaten Asahan akan menyikapinya dengan mencari solusi bagaimana agar jalan tersebut dapat secepatnya diperbaiki.

Sebagaimana diketahui bersama, kata H. Surya Bsc, ruas jalan 54 yang menghubungkan Kecamatan Air Joman dan Silau Laut tersebut adalah merupakan jalan milik Provinsi Sumatera Utara bukan milik Pemerintah Kabupaten Asahan. Sehingga kita tidak bisa serta merta memperbaiki jalan tersebut tanpa tanpa ada persetujuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara karena kewenangan itu ada disana, ujarnya.

Namun begitu, kata Bupati Asahan tersebut, karena hal ini menyangkut kepentingan masyarakat maka pihaknya akan terus berusaha berkoordinasi dan menyurati Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui dinas terkait untuk segera melakukan perbaikan terhadap jalan dimaksud.

Bahkan dalam kesempatan itu Bupati langsung memerintahkan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Asahan untuk segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar segera dilakukan perbaikan terhadap ruas jalan 54 yang menghubungkan kecamatan Air Joman dan Kecamatan Silo Laut atau bila memang dibenarkan oleh aturan yang ada sebagai langkah awal menggunakan dana APBD Kabupaten Asahan untuk pemeliharaan jalan tersebut.

Sebelumnya dalam audiensi itu Ketua PAC – Pospera Kecamatan Silau Laut Rahmat Hidayat menyatakan bahwa tujuan dari audiensi tersebut untuk menyampaikan aspirasi masyarakat Kecamatan Air Joman dan Silau Laut terkait kondisi jalan Provinsi Sumatera Utara ruas jalan 54 yang menghubungkan dua Kecamatan dimaksud kepada Bupati Asahan yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan.

Akibat rusaknya jalan ini, banyak masyarakat yang mengalami kecelakaan. Dan bukan itu saja jalan rusak ini juga menghambat perekonomian masyarakat. Karena jalan ini menjadi satu – satunya jalan utama untuk keluar masuk dari Kecamatan Air Joman menuju Silau Laut, kata Rahmat sembari berharap Pemkab Asahan dapat mencari solusi untuk segera memperbaiki jalan tersebut.

Dalam audiensi itu terlihat hadir Sekretatis Daerah Drs. John Hardi Nasution MSi, sejumlah OPD terkait, Camat Air Joman dan Silau Laut, serta pengurus DPC Pospera Kabupaten Asahan dan PAC – Pospera dari dua Kecamatan tersebut.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button