AsahanDaerah

Bupati Asahan Saksikan Peresmian Pelepasan Merdeka Ekspor Pertanian 2021 Oleh Presiden RI Secara Virtual

BeritaNasional.ID, Kisaran – Bupati Asahan H. Surya BSc bersama dengan Bupati Batu Bara dan Plt. Wali Kota Tanjungbalai turut menyaksikan acara peresmian Pelepasan Merdeka Ekspor Pertanian 2021 dari 17 titik pelabuhan dan bandara di Indonesia yang dilaksanakan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo secara virtual, Sabtu kemarin.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar S.Sos, MSi kepada wartawan via WhatsApp, Minggu (15/08/2021).

Dikatakan Dayat, Bupati Asahan bersama dengan Bupati Batu Bara dan Plt. Wali Kota Tanjungbalai itu menyaksikan berlangsungnya acara virtual tersebut dari aula rumah dinas Bupati Batu Bara di Komplek Tanjung Gading, Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara.

Selain itu dalam dalam acara tersebut juga terlihat hadirPlh. Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Tanjung Balai Asahan Rudi Ruslan SP, Danlanal Tanjungbalai – Asahan Letkol Laut (P) Robinson Etwiory SE, serta perwakilan Bupati Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, dan Labuhan Batu Selatan.

Dalam peresmian itu, kata Kadis Kominfo Kabupaten Asahan, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menyampaikan penghargaan, apresiasi, yang setinggi – tingginya kepada para petani, peternak, pekebun, pelaku – pelaku usaha agrobisnis, dan pemangku kepentingan pertanian lainnya yang selama masa pandemi telah bekerja keras, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat tetapi juga telah berhasil meningkatkan ekspor produk – produk pertanian.

Presiden juga menyampaikan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang mampu bertahan dari hantaman pandemi Covid-19. Dimana ekspor pertanian di tahun 2020 mencapai Rp 451,8 triliun atau naik 15,79 persen bila dibandingkan pada tahun 2019 yang angkanya mencapai Rp 390,16 triliun. Dan, pada semester pertama tahun 2021, dari Januari sampai dengan Juli 2021, ekspor mencapai Rp 282,86 triliun naik sebesar 14,05 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yaitu sebesar Rp 202,05 triliun.

Peningkatan ekspor komoditas pertanian ini, kata Presiden, juga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani. Dimana nilai tukar petani (NTP) terus membaik. Pada bulan Juni 2020, nilai tukar petani berada di angka 99,60 secara konsisten meningkat hingga Desember 2020 mencapai 103,25 dan Juni 2021 mencapai 103,59.

Menurut saya, ini sebuah kabar yang baik yang bisa memacu semangat petani – petani kita untuk tetap produktif di masa pandemi, ujar Presiden yang kemudian meminta kepada seluruh Kepala Daerah se Indonesia agar menggali potensi ekspor di daerahnya masing – masing.

Kemudian dalam kesempatan itu Bupati Asahan juga mengikuti pelaksanaan pelepasan ekspor serentak bersama – sama dengan 17 UPT Karantina Pertanian di seluruh Indonesia yang secara simbolis dilakukan Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan tersebut Plh Kepala Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I Tanjung Balai Asahan Rudi Ruslan SP menyampaikan dalam pelepasan itu terdapat 5 produk eksport unggulan dari wilayah Kabupaten Batubara, Kabupaten Asahan, Kota Tanjungbalai, serta Kabupaten Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu dan Labuhan Batu Selatan. Komoditas ekspor tersebut antara lain adalah minyak sawit dan turunannya, kelapa parut, sapu lidi, buah pisang dan domba.

Kelima komoditas ekspor tersebut mengalami kenaikan yang signifikan di tahun 2021 ini bila dibandingkan tahun sebelumnya. Total nominal ekspor yang kita lepas di acara Merdeka Ekspor hari ini melalui Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Tanjungbalai Asahan mencapai 211,8 miliar yang meliputi komoditas hortikultura, perkebunan dan peternakan, kata Rudi Ruslan.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button