AdvedtorialBondowosoDaerahJawa TimurPemerintahan

Bupati Bondowoso Berharap Kades Mampu Berikan Kontribusi Pembangunan

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Seluruh Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Bondowoso mengikuti kegiatan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa di Pendopo Bupati, Selasa (25/07/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Bondowoso, Drs KH. Salwa Arifin, Anggota Komisi XI DPR RI, Zulfikar Arse Zadikin, Inspektur Jenderal Kemendes PDT dan Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Pemprov Jatim.

Menurut Bupati, workshop tersebut dilaksanakan berdasarkan Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Yang intinya didalam UU tersebut memberikan amanat yang besar bagi Desa untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan di desa melalui pengelolaan Dana Desa (DD).

Dari hal tersebut, Seluruh Kepala Desa di harapkan mampu memberikan kontribusi terhadap setiap pembangunan di Kabupaten Bondowoso.

“Pemerintah Desa diberikan kewenangan otonomi sekaligus sumber daya yang lebih dalam rangka memajukan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” ungkapnya.

Dikatakan Bupati, Dana Desa diprioritaskan untuk pembangunan percepatan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, diharapkan seluruh Kepala Desa bisa berperan aktif dalam menunjang pembangunan Kabupaten Bondowoso.

Terlebih, para Kepala Desa merupakan pihak yang berwenang dan bertanggungjawab atas pengelolaan keuangan Desa. “Kita harus senantiasa mengutamakan Transparansi, Akuntabilitas dan Efisiensi dalam setiap penggunaan Anggaran yang telah di sediakan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Zulfikar, Anggota Komisi XI berpesan agar seluruh Kepala Desa senantiasa berhati – hati dalam penggunaan Dana Desa. Hal itu supaya Kepala Desa tidak tersandung kasus tindak Pidana Korupsi.

“Gunakan Anggaran yang telah di sediakan dengan transparan, sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,” pungkasnya. (Advertorial/Berita Nasional.ID/Zainul Muhaimin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button