BondowosoDaerahJawa Timur

Bupati Bondowoso Kukuhkan 74 Anggota Paskibraka

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Bupati Bondowoso, Drs. KH Salwa Arifin mengukuhkan 74 pelajar menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) Tahun 2023, Rabu (16/08/2023).

Dalam sambutannya, Kyai Salwa, sapaannya mengucapkan selamat kepada pelajar yang terpilih menjadi anggota Paskibraka. “Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bondowoso, mengucapkan selamat kepada para anggota Paskibraka yang baru saja dikukuhkan,” ungkap Bupati.

Bupati menyampaikan bahwa siswa yang terpilih menjadi anggota Paskibra merupakan contoh nyata dari semangat kebangsaan dan kepemimpinan menuju masa depan yang lebih cemerlang.

“Tugas mulia kalian adalah sebagai pengibar bendera pusaka merah putih pada peringatan 17 Agustus 2023,” imbuhnya. Menurutnya, menjadi anggota Paskibraka merupakan suatu kehormatan yang sangat besar.

“Dalam momentum ini kami mempercayakan kepada kalian tanggung jawab untuk mengangkat tinggi bendera merah-putih sebagai simbol kebanggaan dan persatuan kita semua,” pesan Bupati.

Sementara itu Plt Bakesbangpol, Ghozal Rawan mengatakan, setelah melalui seleksi ketat, terpilihlah 74 siswa-siswi SLTA se-Kabupaten Bondowoso untuk menjadi anggota Paskibraka.

“Satu bulan sebelum pelaksanaan acara kita sudah melakukan seleksi kepada adik-adik siswa-siswi SMA, SMK dan MA untuk menjadi anggota Paskibraka,” ujarnya.

74 anggota Paskibraka akan melaksanakan upacara dengan formasi 3, 17, 8 dan 45 barisan. “Untuk mempersiapkan upacara 17 Agustus besok, kami melatih siswa-siswi sejak awal bulan Agustus. Tanggal 15 kemarin gladi bersih, hari ini karantina dan besok upacara di alun-alun Bondowoso,” jelas Ghozal, sapaannya.

Ghozal mengungkapkan bahwa pelaksanaan upacara besok akan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB. “Biasanya kita laksanakan pada detik-detik jam 10, namun karena ada petunjuk dari Kementerian Sekretariat Negara, bahwa pelaksanaan upacara di daerah dilaksanakan jam 07.00 WIB. Setelah upacara mengikuti upacara secara nasional secara Daring di pendopo” urainya.

Pihaknya akan memberikan penghargaan kepada para anggota Paskibraka. “Kami pasti memberikan penghargaan, namun untuk nilainya belum bisa kami sampaikan ke publik,” pungkasnya.

Disamping menyeleksi anggota Paskibraka yang akan melaksanakan upacara di daerah, Pemkab juga mengutus 1 siswa dan 1 siswi terbaik untuk mengikuti upacara di Provinsi. (Zainul Muhaimin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button