Daerah

Bupati Bone Bolango Lantik Sekcam Pinogu jadi Camat Pinogu

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Pimpinan di Kantor Camat Pinogu resmi berganti setelah Bupati Bone Bolango Hamim Pou melantik Sekcam Pinogu, Ais Palangi menjadi Camat Pinogu menggantikan Iwan Hadju. Pelantikan tersebut berlangsung di Ampi Theater Kabupaten Bone Bolango, Senin (20/3/2023).

Hingga selesai proses pelantikan Ais Palangi sebagai Camat Pinogu, awak media ini belum mendapatkan informasi terkait jabatan baru Iwan Hadju di Pemda Bolango.

Dalam sambutannya, Hamim Pou meminta kepada Ais Palangi untuk menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan baik sebagai Camat.

“Saya percaya Saudara mampu bekerja lebih baik lagi karena sudah berpengalaman sebagai Sekcam dan sudah mengetahui wilayah dan karakteristik masyarakat Pinogu,”kata Hamim Pou.

Selain itu, Hamim Pou juga menginstruksikan kepada Ais Palangi untuk segera melakukan langkah-langkah strategis terkait dengan 5 hal, yaitu soal peningkatan produksi Kopi Pinogu, masalah irigasi dan akses jalan menuju Pinogu.

Selain itu Hamim juga meminta kepada Camat yang baru tersebut untuk segera memperbaiki Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan menerbitkan Perdes Hewan Lepas.

“Ada 5 hal yang ingin saya ingatkan kembali, sesuai dengan kesepakatan kita bersama camat lama, maupun seluruh kepala desa disana,”kata Hamim Pou.

Hamim mengungkapkan bahwa kopi pinogu begitu populer tetapi produksinya sangat terbatas.

“Sehingga perlu mendorong masyarakat terutama anak-anak muda untuk menjadi petani kopi dalam menambah produksi kopi pinogu,”ujar Hamim.

Lebih lanjut Hamim meminta agar Pemerintah Kecamatan dan Desa di Pinogu segera memaksimalkan irigasi.

“Irigasi itu kita bangun dengan anggaran yang tidak sedikit. Harus dimaksimalkan pemanfaatannya,”sambungnya.

Sementara untuk masalah akses jalan, Hamim menegaskan bahwa tahun ini Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango telah menganggarkan dana sebesar 1 milyar rupiah untuk pembangunan jalan ke Pinogu.

Menyinggung soal PLTS, Hamim meminta agar Pemerintah Kecamatan dan Desa dapat memanfaatkan dana eks PNPM untuk perbaikan PLTS tersebut.

“Kalau boleh manfaatkan dana eks PNPM untuk perbaikan PLTS. Nanti di koordinasikan dengan Pemdes,”imbuhnya.

Hal terakhir yang ditekankan Hamim kepada Camat adalah soal Peraturan Desa (Perdes) tentang Hewan Lepas.

“Segera buat peraturan desa terkait hewan lepas. Pinogu tata ruangnya rapi, tapi dimana mana ada kotoran sapi. Dan yang paling meresahkan adalah sapi-sapi itu berkeliaran memakan tanaman produktif milik warga,” tandasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button