AsahanDaerah

Bupati Buka MTQ Terbatas Kabupaten Asahan Tahun 2021

BeritaNasional.ID – Kisaran, Sumatera Utara – Penyelenggaraan MTQ terbatas adalah merupakan program Pemerintah yang bersifat Nasional. Pelaksanaannya diharapkan bukan hanya sebagai kompetisi saja, akan tetapi menjadi inspirasi dan spirit dalam menjalankan pembangunan menuju Indonesia tangguh.

Demikian dikemukakan Bupati H. Surya BSc dalam sambutannya ketika membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Terbatas Kabupaten Asahan Tahun 2021 yang berlangsung di gedung Tahfiz Qur’an Kompleks Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, Jumat (26/11/2021).

Bupati berharap penyelenggaraan MTQ terbatas ini dapat menggairahkan semangat masyarakat dan para qari, hafidz, dan para penggiat Alqur’an untuk terus meningkatkan kualitas generasi Qur’ani. Karena Al qur’an adalah merupakan pedoman hidup, sumber segala sumber hukum dalam pribadi muslim dan sebagai ilmu pengetahuan yang tidak ada habis – habisnya untuk di gali dan di kaji.

Oleh karenanya saya mengimbau kepada Panitia Pelaksana agar dalam pelaksanaan MTQ Terbatas yang dimulai sejak tanggal 26 sampai dengan 28 November 2021 ini tetap mematuhi Protokol Kesehatan. Karena disiplin dalam penerapan prokes sangat penting untuk mencegah dan menghindari penyebaran Covid – 19, tandas Bupati H. Surya BSc.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara MTQ Terbatas Kabupaten Asahan Tahun 2021 H. Dahmul Daulay SAg, MA dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program LPTQ Kabupaten Asahan yang bertujuan meningkatkan pembinaan dan pengembangan tilawah Al qur’an di Kabupaten Asahan sekaligus untuk mengembangkan seni baca Alqur’an.

Dijelaskan Dahmul, pelaksanaan MTQ terbatas ini diikuti Kafilah dari 25 Kecamatan, Pondok Pesantren, Madrasah dan Perguruan Tinggi dengan jumlah peserta sebanyak 130 orang, dan terdiri dari cabang qira’ah 43 orang, cabang tafsir 11 orang, cabang hadis 40 orang, cabang khat kontemporer 21 orang, dan cabang karya tulis ilmiah Al qur’an 15 orang.

Dalam acara itu terlihat hadir Ketua LPTQ Provinsi Sumatera Utara Asren Nasution, Ketua MUI Kabupaten Asahan H. Salman Abdullah Tanjung, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan H. Ahmad Qosim Marpaung, Ketua LPTQ Kabupaten Asahan H. Zainal Aripin Sinaga, sejumlah OPD, Camat dan undangan lainnya.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button