DaerahRagamSitubondo

Bupati dan Forkopimda Panen Sorgum Perdana di Lahan 30 Hektar

BeritaNasional.ID ,SITUBONDO – Bupati Situbondo H.Dadang Wigiarto.SH melakukan panen perdana Sorgum di Desa Klatakan Kecamatan Kendit, bersama Forkopimda Kabupaten Situbondo. Jumat 25/9/2020.

Dalam kesempatan itu Bupati Dadang mengatakan, seperti yang diketahui selama ini Sorgum, merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri.

“Sebagai bahan pangan Sorgum berada pada urutan kelima setelah gandum, jagung, padi, dan jelai, meski di harga petani Sorgum masih murah berkisar Rp 3.000/kg tapi di Jakarta atau dipasaran online bisa mencapai Rp 30 ribu,”Jelas Bupati.

Petani sendiri tidak akan di rugikan jika menanam sorgum, karena semua yang ada di pohon Sorgum bisa bermanfaat dan bernilai ekonomis, Bupati juga menegaskan pihaknya akan mendorong pembeli Sorgum hadir langsung ke Situbondo untuk melihat secara langsung potensi yang ada.

“Penanaman dan Panen sorgum merupakan wujud dukungan pemerintah untuk konsistensi dan kesinambungan pangan di daerah kita, kita dorong pembeli hadir kesini agar melihat langsung stok Sorgum kita, sehingga bisa menunjang pabrik selalu tersedia,” Beber Bupati.

Dikecamatan Kendit sendiri menurut Bupati Panen Perdana Sorgum dilahan 30 hektar, selanjutnya sudah dipersiapkan lahan seluas 100 hektar khusus kecamatan Kendit.

“Kita harus memanfaatkan momentum, mengingat penanaman sorgum juga merupakan program dari pemerintah pusat sehingga kedepannya, sorgum akan lebih terkenal dan daerah kita sudah menyiapkan puluhan ribu hektar untuk itu,” Tukas Bupati.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close