AdvedtorialBone BolangoMenuju Pemilu 2024

Bupati dan Forkopimda Pastikan Distribusi Logistik dan TPS Pemilu 2024 di Bone Bolango Tuntas

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO – Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli bersama Forkopimda mendampingi Sekda Provinsi Gorontalo Sofian Ibrahim memastikan distribusi logistik dan pembangunan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Bone Bolango tuntas dengan melepas langsung distribusi logistik pemilu 2024 dan melakukan monitoring di sejumlah titik lokasi TPS, Selasa (13/2/2024).

Hal ini dilakukan untuk memastikan Pemilu di Kabupaten Bone Bolango akan berlangsung sukses dan 122.773 warga Bone Bolango akan siap memilih di 509 TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang tersebar di 160 desa dan 5 kelurahan.

Berdasarkan rekapan Berita Acara Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2024 dari empat daerah pemilihan ada tiga kecamatan yang memiliki jumlah pemilih terbanyak.
Seperti kecamatan Kabila memiliki 17.499 pemilih yang dengan jumlah 66 TPS di 12 kelurahan dan desa merupakan jumlah pemilih terbanyak di Bone Bolango. Disusul kecamatan Tilongkabila dengan 14.449 pemilih tersebar di 56 TPS di 14 desa. Berikutnya kecamatan Suwawa dengan 9.834 pemilih dan 38 TPS tersebar di 10 desa.

Sementara jumlah pemilih terendah ada di kecamatan Pinogu dengan 1.535 pemilih yang tersebar di delapan TPS di lima desa.

Ketua KPU Bone Bolango, Sutenti Lamuhu, mengungkapkan logistik tersebut telah didistribusikan di 17 Kecamatan yang ada di Bone Bolango menggunakan 20 mobil truk. Sementara untuk Kecamatan Pinogu sudah didistribusikan pada hari Minggu dan sebagian wilayah Kecamatan Kabila Bone dan Bulango Ulu pada senin kemarin.

“Jumlah logistik yang didistribusikan berjumlah 24 jenis, di antaranya kotak suara, bilik suara, surat suara, semua jenis formulir, alat kelengkapan TPS seperti tanda pengenal saksi, tanda pengenal KPPS, tinta, alat coblos, dan paku coblos,” ungkap Sutenti saat diwawancarai awak media.

Untuk kesiapan TPS, Sutenti menuturkan bahwa berdasarkan pemantauan pihak KPU sudah mencapai 80 persen. Sementara untuk surat pemberitahuan memilih, kata dia sudah didistribusikan 100 persen.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli berharap pendistribusian logistik Pemilu Serentak tahun 2024 ini tidak mendapatkan halangan dan pihak penyelenggara di tingkat Kecamatan sudah siap melakukan penerimaan.

“Ini kita kawal sama-sama sehingga besok pada saat distribusi di masing-masing TPS bisa berjalan dengan lancar,” harapnya.

Untuk diketahui, jumlah TPS di Bone Bolango sebanyak 509 tersebar di 160 Desa dan 5 Kelurahan di 18 Kecamatan. Sementara untuk total surat suara sebanyak 126.476 dari jumlah DPT ditambah 2 persen untuk masing-masing jenis pemilihan.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button