AsahanDaerah

Bupati dan Wakil Bupati Asahan Tinjau Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Qurban Idul Adha

BeritaNasional.ID, Kisaran – Meskipun di masa pandemi Covid – 19, Bupati H. Surya BSc mengajak masyarakat khususnya umat Islam di Kabupaten Asahan dapat mengambil hikmah perayaan Idul Adha 1442 Hijriah untuk menguji keikhlasan dan saling berbagi dengan sesama.

Hal itu disampaikan Bupati Asahan H. Surya BSc dalam sambutannya ketika melakukan peninjauan penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan, Selasa (20/07/2021).

Dikatakan Surya, dalam kurun waktu 2 tahun terakhir mulai tahun 2020 sampai dengan 2021 ini perayaan Idul Adha di Asahan dan seluruh tanah air berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Karena Indonesia dan negara lain di seluruh penjuru dunia saat ini tengah berperang menghadapi pandemi covid -19.

Sehingga, kata Bupati, berbagai bentuk kegiatan baik Pemerintahan, keagamaan maupun kemasyarakatan, termasuk pelaksanaan sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan dengan mematuhi Protokol kesehatan Covid – 19 dan mempedomani Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 15 dan 16 tentang Protokol Kesehatan dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan kegiatan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M.

Namun sebagai umat Islam kita harus menauladani sifat Nabi Ibrahim AS yang memiliki ketaqwaan luar biasa dalam menjalankan perintah Allah Swt, dengan rela menyembelih anaknya sendiri yaitu Nabi Ismail AS. Tapi karena keikhlasannya kemudian Allah SWT menyelamatkan Nabi Ismail dan menggantikannya dengan seekor hewan sembelihan, ujar Bupati Asahan sembari mengajak masyarakat khususnya umat Islam untuk meniru dan menuladani sifat mulia dan ketaqwaan Nabi Ibrahim AS dan anaknya Nabi Ismail AS.

Pantauan Bernas, Bupati H. Surya BSc didampingi beberapa Kepala OPD terlihat melakukan peninjauan penyembelihan ke kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), BKD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas PUPR, Badan Kesbangpol, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PMD, Badan Pengelola Pendapatan Daerah, Dinas P2KBP3A, Dinas Kominfo, BPKAD, Disnaker, Dinas Perkim, serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Sementara secara terpisah Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin bersama beberapa OPD lainnya juga melakukan peninjauan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di Dinas Perhubungan, Kantor Camat Kota Kisaran Barat, Inspektorat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Satpol – PP, Dinas Perikanan, Dinas Peternakan, BPBD, PDAM, Sekretariat DPRD, dan Dinas Pendidikan.

Dalam kesempatan itu Taufik Zainal Abidin juga berpesan agar masyarakat dapat mengambil hikmah dari pelaksanaan ibadah qurban. Saya berharap kita dapat mengambil hikmah terbesar dari pelaksanaan ibadah qurban ini sebagai bentuk keikhlasan untuk berbagi kepada sesama, ujarnya yang kemudian menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha kepada seluruh masyarakat Asahan.

Sekedar informasi, dalam perayaan Idul Adha tahun ini Pemkab Asahan melakukan penyembelihan hewan qurban sebanya 118 ekor yang terdiri dari 95 ekor sapi dan 23 ekor kambing. Sesuai dengan protokol kesehatan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban tahun ini dilakukan di lingkungan kantor OPD masing – masing. (Krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button