Daerah

Bupati Gayo Lues Ikuti Delegasi USFS High Level Visit 2019 ke USA

Gayo Lues-BeritaNasional.ID- Bupati Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, Muhammad Amru bersama rombongan Plt Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, SKPA, anggota dewan, dan Wali Nanggroe, berdelegasi ke USFS (United State Forest Servise) di Oregon, USA, 20-27 Juli 2019.

Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari pengelolaan hutan agar dapat memperkuat Perhutanan Sosial/Hutan Adat. Termasuk, mengetahui secara langsung, bagaimana USA melakukan penanggulangan kebakaran hutan mereka. Kegiatan ini sudah dijadwalkan sejak lama dan merupakan kelanjutan program sebelumnya yang masih terkait Program “Aceh Green” yang gencar dilaksanakan Pemerintah Aceh.

Berikut laporan perjalanan dan kegiatan rombongan yang juga turut serta Direktur BKSDA Kementerian KLH, sebagaimana disampaikan melalui WhatsApp, Rabu (24/7/2019)

Disampaikannnya, rombongan berangkat dari Jakarta, Sabtu (20/7/2019). Dalam rombongan kelompok terbang 1, ada Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Kadishut Aceh Syahrial, PKH V Gayo Lues Zalham Arbi, Direktur BKSDA Kementrian KLH Diah Murtiningsih,  BAPPENAS Nurhidiyawati R serta  Staf USAID M Amin Budihardjo

Kelompok terbang 2, sambungnya, ada dari KLHK, yaitu Helmi Basalamah dan Iwan Setiawan, Maidiwar dan Hary Tiyaswiyoga (NGO) serta Stephanie (USAID).

Setelah 7,5 jam penerbangan dengan Japan Airline (JAL), tuturnya, rombongan tiba di Narita Airport Jepang. Dua jam kemudian, perjalanan dilanjutkan ke Los Angeles dengan pesawat Amerika Airline, selama 9 jam. Lalu, dilanjutkan lagi dengan pesawat American Aegle selama 2,5 jam, menuju Portland, negara bagian Oregon.

“Kami check in di Hotel Marriott BONvoy Residen In SW River, sekitar pukul 12.00 waktu setempat. Tidak ada aktivitas khusus, selain briefing dan ke supermarket untuk mencari makanan,” sebutnya

Pada hari Minggu (21/7/2019), ungkapnya, rombongan hanya tour city, dipandu rekan-rekan dari United State Forest Servise (USFS), melihat tata kelola hutan kota yang sangat menarik dan luar bisa indah.

Pada hari Senin (22/7/2019), selama satu hari penuh, rombongan delegasi diperkenalkan dengan para pemangku kepentingan hutan di bawah kementerian pertanian yang disebut USDA (United State Departement of Agricalture) region 6 yang membawahi 2 negara bagian.

Kepada tim, dijelaskan struktur dan pola pengelolaan hutan di negeri Paman Sam tersebut. Silih berganti, mereka memberikan materi serta memimpin diskusi. Sesekali, mengambil perbandingan tentang tata cara kelola hutan di Indonesia, khususnya di Aceh. Penjelasan dan diskusi tersebut, dipimpin Debra Withall dan Elisabeth Grinspoon.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button