AsahanDaerah

Bupati H. Surya BSc Serahkan Bantuan Alat Musik Kepada DPD – PKB Pujakesuma Asahan

BeritaNasional.Id – Asahan, Sumatera Utara – Pemerintah Kabupaten Asahan menyerahkan bantuan alat musik tradisional gamelan kepada Dewan Pimpinan Daerah – Paguyuban Keluarga Besar (DPD – PKB) Pujakesuma Kabupaten Asahan, Kamis (22/09/2022).

Penyerahan itu langsung diserahkan oleh Bupati H. Surya BSc kepada Ketua DPD – PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan Rianto SH, MAP di joglo Pujakesuma yang berada di jalan Drs. H. Taufan Gama Simatupang Kisaran.

Dalam kesempatan itu Bupati H. Surya BSc menyampaikan bahwa Pemerintah dan masyarakat memiliki tanggung jawab yang sama dalam melestarikan seni budaya di Kabupaten Asahan. Dalam melestarikan seni budaya tersebut Pemkab Asahan bekerja sama dengan Forkala Kabupaten Asahan menggelar PSBD (Pentas Seni Budaya Daerah) yang diikuti oleh setiap etnis yang ada di Asahan. Dan pada tahun 2023 rencananya PSBD akan kembali dilaksanakan.

Diharapkan, kata Surya, setiap etnis dapat menampilkan seni budaya yang dimiliki pada PSBD nantinya. Sehingga dapat dilihat oleh masyarakat Kabupaten Asahan bahwa seni budaya yang kita miliki tetap terjaga kelestariannya.

Dalam kesempatan itu Bupati juga menyampaikan bahwa tari gubang dan senandung Asahan telah resmi menjadi seni budaya milik Kabupaten Asahan. Untuk itu Forkala (Forum Komunikasi Lembaga Adat) Kabupaten Asahan untuk mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat.

Sebelumnya dalam penyerahan tersebut Drs. H. Supriyanto MPd melaporkan bahwa pemesanan set gamelan ini dilakukan sejak bulan Juni 2022 dengan jumlah barang sebanyak 28 item. Dan dengan adanya bantuan alat musik itu paguyuban Pujakesuma Kabupaten Asahan dapat berkontribusi terhadap pelestarian budaya sesuai dengan amanat Undang – Undang serta visi dan misi Pemkab Asahan.

Sementara Ketua DPD – PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan Rianto SH, MAP mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah memberikan bantuan alat musik gamelan.

DPD PKB Pujakesuma akan selalu berkoordinasi dengan OPD terkait dalam mengembangkan seni budaya etnis jawa di Kabupaten Asahan, pungkas Rianto.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button