Daerah

Bupati Jember Hendy Siswanto: Di Pesantren Kita Datang Saja Sudah Dapat Satu Pelajaran, Yaitu Adab

Berita Nasional.ID, JEMBER JATIM – Bupati Jember Jawa Timur, Hendy Siswanto menegaskan, orang tua yang mengirimkan anaknya ke Pesantren memiliki dua keuntungan, yaitu mendapatkan ilmu dan adab atau sopan santun. Bahkan begitu orang datang ke Pesantren, sebelum sempat mengenyam ilmu, adab sudah didapatkan. Sebab, perilaku sopan, misalnya cara menghormat guru dan tata cara bergaul dengan sesama santri sudah membudaya di Pesantren, dan itu adalah guru yang paling baik.

“Di Pondok Pesantren, kita datang saja sudah dapat satu pelajaran, yaitu adab,” ucapnya saat memberikan sambutan ketika melepas pengembalian santri Nurul Jadid Paiton Probolinggo di halaman Pendopo Wayawibawagraha Jember, Sabtu (20/4/2024).

Bupati yang juga pengusaha itu lalu bercerita soal kehidupan Jackie Chan, seorang aktor laga asal China yang kini tinggal di Amerika Serikat. Jackie Chan memiliki kekayaan Rap16 Triliun, dan semuanya diberikan ke panti sosial. Meskipun anaknya keberatan dengan keputusan Jackie Chan, namun tetap tidak dihiraukan. Alasan utamanya satu, karena anak Jackie Chan tidak mempunyai adab.

“Jadi begitu tingginya adab bagi Jackie Chan yang notabene non Muslim,” ucapnya. Menurut Bupati Hendy bahwa adab atau akhlaq adalah hal utama yang mesti dimiliki manusia. Tidak ada gunanya manusia pintar setinggi langit, materi pelajaran dikuasai semua, bahkan nilainya cum laode, tapi tidak punya akhlaq. Seseorang yang menguasai satu ilmu, dan akhlaqnya bagus, maka ilmu itu akan mampu menggetarkan dunia.

“Ilmunya satu tapi akhlaqnya istimewa, top,” jelasnya. Ia menambahkan, di Pesantren, selain diajari ilmu juga diajari akhlaq, tatakrama bergaul, dan sebagainya. Sedangkan di sekolah-sekolah umum, masih belum maksimal pelajaran penerapan akhlaqnya. Karena itu, Bupati Hendy berniat untuk meningkatkan pelajaran di sekolah-sekolah umum.

“Saya pada tahun 2024 ini, di seluruh sekolah, saya akan fokus peningkatan akhlaq. Saya akan contoh model pembinaan akhlaq di Pesantren. Misalnya tentang bagaimana cara menghormat kepada guru. Hormat kepada orang itu penting ,” pungkasnya (Aryudi AR/Advertorial/Bernas).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button