AsahanDaerah

Bupati Lepas Da’i Desa Binaan Tim Imtaq Kabupaten Asahan

BeritaNasional.ID, Kisaran – Keberadaan Da’i bagi Pemerintah Kabupaten Asahan adalah merupakan salah satu asset terpenting dalam mempercepat laju perubahan ke arah yang lebih baik. Karena untuk mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter diperlukan adanya pemikiran positif, penuh semangat, dan penuh idealisme dari para Da’i dalam rangka memberikan masukan yang terbaik untuk kemajuan bersama.

Hal itu dikemukakan Bupati H. Surya BSc dalam sambutannya pada acara pelepasan Da’i Desa Binaan Tim Imtaq Kabupaten Asahan Tahun 2021 bertempat di aula Melati kantor Bupati setempat, Selasa (06/07/2021).

Untuk dapat diketahui Da’i binaan Tim Imtaq Kabupaten Asahan ini bertugas melakukan pembinaan dan pelatihan kepada masyarakat yang beragama Islam di 4 Desa yakni Desa Silau Maraja Kecamatan Setia Janji, Desa Air Putih dan Rawang Baru Kecamatan Rawang Panca Arga, dan Desa Gajah Kecamatan Meranti. Dimana warga muslim di 4 Desa ini menjadi minoritas, karena di kampung itu mayoritas beragama Kristen.

Dalam kesempatan itu Bupati H. Surya BSc berharap keberadaan Da’i di Desa Binaan yang di tempatkan di 4 Desa tersebut mampu melakukan perbaikan di tengah masyarakat muslim yang minoritas.

Walau pun barangkali ada hal – hal yang mungkin perlu untuk dikoordinasikan, dalam kesempatan ini saya meminta kepada para Da’i untuk mampu membangkitkan energi dan semangat berkarya dan berikhtiar lebih nyata dalam rangka berpartisipasi aktif guna menyelesaikan masalah sosial keagamaan di wilayah Kabupaten Asahan, urai H. Surya BSc.

Kemudian Bupati juga meminta kepada Camat dan Kepala Desa terkait agar dapat berkoordinasi dengan para Da’i untuk terus menebar manfaat bagi masyarakat terkhusus masyarakat muslim yang tinggal di daerah minoritas. Kebermanfaatan itu rasanya bisa saudara – saudara rumuskan dalam aneka bentuk, tergantung apa yang menjadi kebutuhan masyarakat tersebut, tandasnya.

Sebelumnya Ketua Imtaq Kabupaten Asahan H. Ahmad Qosim Marpaung dalam laporannya menyampaikan bahwa pelepasan Da’i binaan Tim Imtaq Kabupaten Asahan ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pembinaan dan pelatihan kepada 4 Desa yakni Desa Silau Maraja, Air Putih, Rawang Baru, dan Desa Gajah yang tersebar di 3 Kecamatan yaitu Setia Janji, Meranti, dan Rawang Panca Arga.

Dikatakannya, dalam pelepasan ini Tim Imtaq Kabupaten Asahan melepas sebanyak 20 orang Da’i Pelaksana dan 8 orang Da’i Pembina. Dimana dari 20 orang Da’i pelaksana tersebut akan diletakkan 5 orang Da’i di setiap desa, dan dari 8 orang Da’i Pembina diletakkan 2 orang Da’i di setiap desa, serta 1 orang guru mengaji di setiap desa.

Program ini dilaksanakan selama 3 bulan dengan pembinaan meliputi bilal mayit, khotib dan materi – materi tilawah quran lainnya. Diharapkan selama 3 bulan ke depan masyarakat muslim di 4 desa tersebut sudah dapat mempraktekkan hasil binaannya masing – masing, ujar H. Ahmad Qosim Marpaung sembari menyatakan bahwa kegiatan dimaksud bertujuan mendukung visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button