DaerahJawa TimurOlahragaSitubondo

Bupati Lepas Para Pembalap Sepeda Event Sport Tourism Situbondo Rengganis Race and Challenge

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JAWA TIMUR – Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi melepas ratusan pembalap sepeda tingkat nasional dan internasional pada Event Sport Tourism Situbondo Rengganis Race and Challenge tahun 2023, Minggu (29/10/2023).

Ratusan pembalap sepeda tingkat nasional dan internasional ini, dilepas oleh Bupati Situbondo didampingi Kapolres Situbondo, Ketua Pengadilan Negeri Situbondo dan Kasi Intel Kejari Situbondo dari Pendopo Aryo Situbondo menuju Puncak Rengganis Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo. “Event olahraga wisata atau sport tourism ini menjadi cara untuk menarik wisatawan nusantara maupun mancanegara datang berwisata di Kabupaten Situbondo,” ujar Bupati Karna.

Dengan adanya agenda sport tourism ini, sambung Bupati Situbondo, diharapkan seluruh obyek wisata yang dilintasi para pembalap sepeda akan semakin di kenal ditingkat nasional maupun internasional. “Rengganis Race and Challenge 2023 ini diikuti oleh pembalap dari enam provinsi dan sejumlah pembalap dari mancanegara,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, para pembalap sepeda datang dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta, DKI Jakarta, Bali, dan Kalimantan Barat serta pembalap dari Spanyol, Rusia, dan Belanda.

“Konsep event balap sepeda ini disebutnya Fun And Race, sebab sebelum bertanding para peserta akan bersepeda mulai dari Pendopo Aryo Situbondo hingga Desa Jetis, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo,” kata Bung Karna.

Di Desa Jetis ini, lanjut Bung Karna, menjadi titik nol pertandingan balap sepeda menuju Kecamatan Sumbermalang yang menempuh jarak sekitar 14 kilometer, dengan jalan yang menanjak. “Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo. Kegiatan ini dilaksanakan agar ke depan Kabupaten Situbondo menjadi kota transit. Tetapi, bisa menjadi kota tujuan wisata yang memiliki spot-spot pemandangan alam yang indah luar biasa,” tuturnya.

Harapannya, sambung Bupati Karna, di tahun mendatang Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo akan melaksanakan lagi kegiatan serupa dengan dua estafet, sehingga obyek-obyek wisata yang ada di Kabupaten Situbondo bisa dinikmati oleh para pembalap sepeda tingkat nasional maupun mancanegara. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button