BondowosoDaerahJawa Timur

Bupati LIRA Tidak Yakin Harta Kekayaan Ketua Parpol Hanya Puluhan Juta

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Setelah BeritaNasional.ID merilis harta kekayaan seluruh anggota DPRD Kabupaten Bondowoso, ada seorang aktivis yang menanggapinya. Karena harta kekayaan Ketua Partai Golkar, Ady Krisna tidak sampai Rp 60 juta.

“Saya tidak yakin, harta kekayaan Ketua Partai Politik (Parpol) tidak sampai Rp 60 juta. Ini masuk kategori pembohongan publik. Karena yang dilaporkan dengan realita yang ada tidak cocok,” kata Bupati LIRA, Ahroji, SH, ahad 28/5 2023.

Oleh karena itu, Roji, sapaannya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tidak hanya minta Laporan Harta Kekayaan (LHK) pejabat, baik pejabat eksekutif, legislatif, maupun yudikatif, tapi juga melakukan audit.

Ditambahkan, seperti laporan salah satu Ketua Parpol di Bondowoso yang hanya melaporkan harta kekayaannya tidak sampai Rp 60 juta. Nilai rumahnya saja berapa, bisa milyaran, belum mobil, motor dan harta lainnya.

Bupati LIRA juga menyinggung harta kekayaan pejabat eksekutif yang tidak sedikit mempunyai rumah mewah dengan sejumlah kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, dan harta tidak bergerak lainnya.

“Maksimal pejabat di Pemkab Bondowoso eselon 2. Yang gajinya dalam laman Pemkab sekian juta lah. Lalu kita compare dengan rumah, mobil, dan motor, serta harta yang lain. Ya memang ada pejabat yang mempunyai kekayaan bawaan dan hasil usaha lainnya, tapi tampaknya masih jomplang,” kritiknya.

Roji mengkritisi harta kekayaan pejabat bukan bersifat privasi, tapi karena pejabat merupakan pelayan publik. Sorang pejabat harus jujur dan transparan kepada publik. Karena anggaran untuk pelayanan publik dan pembangunan cukup besar.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button