DaerahEks Keresidenan Madiun

Bupati Madiun Resmikan Laboratorium Biomolekuler di RSUD Caruban

BeritaNasional.ID, Madiun – Masyarakat Kabupaten Madiun bolehlah bernafas lega. Pasalnya, kini RSUD Caruban telah memiliki laboratorium biomolekuler /RT PCR (polymerase chain reaction) atau biasa disebut tes swab untuk mendiagnosis penyakit Covid – 19. Pada tahap awal laboratorium ini mampu melakukan tes swab sebanyak 30 per hari. Dengan PCR ini, maka sampel tidak lagi dikirim ke Surabaya untuk mendiagnosis covid – 19 namun cukup di Caruban sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mengetahui hasilnya.

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami  meresmikan langsung Laboratorium Biomolekuler di RSUD Caruban, bertepatan pada Hari Pahlawan 10 November 2020 yang ditandai pemotongan tumpeng dan pemotongan pita di pintu masuk laboratorium.

“Dulu di masa penjajahan, pahlawan kita bertaruh nyawa. Di jaman sekarang banyak pahlawan kekinian, seperti tenaga kesehatan yang berjuang melawan covid. Peresmian laboratorium bertepatan hari pahalawan agar kita selalu semangat berjuang melawan covid-19,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, PCR ini sebagai bentuk gerak cepat memutus mata rantai penyebaran Covid – 19 khususnya di Kabupaten Madiun. Pasalnya kalau lambat, maka akan muncul banyak masalah baru di tengah masyarakat. “Saat ini yang dibutuhkan masyarakat adalah keselamatan, begitupun tenaga kesehatan juga harus dijamin keselamatannya dalam menangani pasien covid – 19,” jelas Bupati.

Dengan PCR ini, Bupati minta jika dari hasil rapit tes ditemukan ada yang reaktif maka secepatnya di-swab dalam rangka menekan penyebaran covid -19.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button