Daerah

Bupati Malaka Simon Nahak Terus Minta Kepala Desa dan OPD Sosialisasikan Penanganan Covid-19

BeritaNasional-Malaka,- Bupati Malaka Simon Nahak bersama Wakil Bupati Malaka Kim Taolin, dan OPD bersama APH, melakukan kunjungan kerja dalam rangka sosialisasi dan edukasi pencegahan dan penanganan covid 19 di kecamatan Iokufeu.

Kecamatan Iokufeu merupakan kunjungan yang ke sebelas oleh Bupati dan wakil Bupati kabupaten Malaka, dalam rangka melakukan sosialisasi dan edukasi penanganan dan pencegahan covid 19 di kabupaten Malaka.

Camat Iokufeu, Laurensius T. Seran S.ST, menerangkan secara umum bahwa di kecamatan Iokufeu terdapat 7 Desa dengan jumlah penduduk 13.410 jiwa. Terkait dengan pandemi Covid 19, kecamatan Iokufeu telah membentuk tim satgas antara lain Timcam covid 19 yang bekerja sama dengan pemerintah Desa dan Puskesmas yang berada di kecamatan Iokufeu.

Dirinya mengatakan, masih banyak sekali kekurangan yang di alami oleh pihak kecamatan terkait dengan tim Satgas, karena anggarannya hanya 8 % dari Alokasi Dana Desa, sedangkan anggaran dari kecamatan tidak ada.

Dikatakan Laurensius, kasus covid 19 dari bulan Januari sampai dengan 24 Agustus 2021, masyarakat Iokufeu yang positif terpapar covid 19 berjumlah 16 orang. Diantaranya di Desa Tunabesi berjumlah 9 orang, dan 8 orang sudah terkonfirmasi negatif, dan 1 orang belum terkonfirmasi dan sampai dengan saat masih di isolasi di RSPP Betun.

Kemudian di Puskesmas Bani-bani terkonfirmasi ada 8 orang, dan dari tim Satgas sudah berupaya untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Ada banyak hal atau kendala yang di alami tim satgas covid Iokufeu ialah banyak pelaku perjalanan yang datang dari luar daerah yang sering tidak melaporkan diri kepada pihak Satgas gabungan. Maka dari itu dari pihak kecamatan telah bekerjasama dengan pemerintah Desa telah mendirikan sebanyak 7 Posco Covid 19 dan telah berupaya untuk petugas Posco Covid 19 untuk berjaga-jaga atau telah menjadwalkan petugas piket,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa, terkait dengan vaksinasi di kecamatan Iokufeu yang terdiri dari dua Puskesmas yakni Puskesmas Bani-bani sudah mengadakan kegiatan vaksinasi sebanyak 555 orang, Sedangkan di Puskesmas Tunabesi sudah mengai vaksin sebanyak 896 orang . Total masyarakat yang telah melakukan vaksinasi di kecamatan Iokufeu berjumlah 1.451 orang, dari jumlah penduduk 13.410 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, drg. Paskalia Frida Fahik, menjelaskan bahwa, sampai saat ini total masyarakat yang sudah terpapar covid 19 sebanyak 440 orang, yang sebagiannya terdapat di kecamatan Iokufeu, seperti yang sudah dijelaskan oleh camat Iokufeu.

“Corona Virus Disease 19 (Covid 19) ini masih ada, walaupun kecamatan Iokufeu cukup jauh tetapi virusnya bisa sampai kesini” jelasnya.

Ia berharap agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan 5M, agar kedepannya masyarakat harus divaksin, sehingga pandemi ini cepat teratasi. Dan dalam akhir bulan ini atau bulan depan ketersediaan vaksin sudah cukup, sehingga kemudian pihak Puskesmas bisa melayani vaksin kepada masyarakat Iokufeu.

“Untuk sementara yang boleh divaksin nantinya akan diperiksa oleh petugas, apakah di perbolehkan atau tidak tergantung dari penyakit yang di derita. Dan yang boleh melakukan vaksinasi itu kisaran umur dari 12 tahun ke atas, termasuk dengan ibu hamil. Jadi tidak boleh takut,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Malaka, Louise Lucky Taolin S.Sos, menanggapi, pernyataan dari camat Iokufeu bahwa mengenai covid 19 di kecamatan Iokufeu khususnya di Bani-bani yang begitu jauh bisa terpapar covid 19 sebanyak 8 orang.

Ia mengharapkan kepada camat, dan para kepala desa agar selalu sosialisasi dan mengedukasi masyarakat Iokufeu terkait dengan bahayanya virus covid 19. Jika ada kerabat yang datang dari luar daerah agar segera melaporkan diri kepada Puskesmas, agar kemudian terkonfirmasi positif langsung diarahkan untuk isolasi secara mandiri atau diarahkan langsung ke tempat isolasi terpusat covid 19 yang bertempat di Motamasin, kecamatan Kobalima.

Kim Taolin juga menyampaikan soal vaksin di kecamatan Iokufeu kurang lebih baru mencapai 15%. Ia juga berharap bahwa semoga dalam waktu dekat vaksinnya segera tiba sehingga dalam tahun bisa mencapai target 80% sesuai harapan dari Gubernur NTT.

Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak SH.MH, dalam sambutannya menambahkan bahwa, dalam kunjungan ke Kecamatan Iokufeu tentunya untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait dengan pandemi Covid 19 yang sampai saat ini masih sangat bersahabat dengan masyarakat Kabupaten Malaka.

Simon Nahak menjelaskan tujuan dari kunjungan kerja ke kecamatan Iokufeu untuk memberitahukan kepada Camat dengan jajarannya, kepada Bapa ibu Kepala Desa, agar menyampaikan kepada masyarakat bahwa taat protokol 5M itu sangat penting. Dan yang lebih penting adalah Vaksin.

Ia berharap Semoga vaksin ini segera tiba sehingga bisa dibagikan kepada semua masyarakat yang berada di kecamatan Iokufeu.

Dikatakan bahwa, sampai saat ini sudah keliling ke setiap kecamatan di kabupaten Malaka, dan kecamatan Iokufeu adalah kunjungan yang ke sebelas.

Ia juga menegaskan bahwa bukan berarti setelah keliling lalu diam, tetapi Pihaknya akan terus memonitor dan memantau tempat- tempat yang sudah dikunjungi. Agar kemudian dapat meminimalisir atau dapat memutuskan mata rantai penyebaran covid 19.

“kepada para kepala desa agar tegas dalam menerapkan protokol kesehatan 5M,” tutupnya. (DT)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button