AdvedtorialBone Bolango

Bupati: Penurunan Stunting di Bone Bolango Butuh Action Nyata untuk Progres Maksimal

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO -– Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli menegaskan penurunan stunting membutuhkan action yang nyata untuk progress yang maksimal. Merlan mengatakan program penurunan stunting menjadi prioritas program kerjanya selama setahun kedepan dengan target menjadi nol persen. Ia pun meminta komitmen semua OPD dan lintas instansi untuk bersama melaksanakan program dan bekerja berdasarkan data.

“Saya menilai intervensi stunting, kita tidak tahu dalam setahun ini apa yang akan kita buat. Jangan kita hanya melaksanakan kegiatan seremonial saja untuk menggugurkan kewajiban. Olehnya itu, kita harus ubah strategi untuk apa yang akan kita laksanakan,” kata Bupati Merlan S. Uloli pada Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting tingkat Kabupaten Bone Bolango, di Ruang Rapat Bupati Bone Bolango, Jumat (1/3/2024).

Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Bone Bolango itu, meminta masing-masing institusi, baik itu PLKB, Puskesmas, Persagi dan instansi lainnya harus bekerja sesuai tupoksi agar semua program yang dilaksanakan tepat sasaran dan bukan sekedar seremonial untuk memenuhi pertanggungjawaban.

Orang nomor satu di Bone Bolango itu, juga mengungkapkan saat ini Pemerintah Daerah memiliki program prioritas kebun, kolam dan kandang (Kakanda) yang sudah berjalan selama satu tahun untuk menurunkan angka stunting dan kemiskinan ekstrem di desa.

“Makanya OPD yang memegang program prioritas ini harus melakukan evaluasi dan inovasi untuk mencapai satu tujuan bersama. Stunting itu butuh action yang nyata dengan memberi makan anak yang stunted dan ibu hamil dari keluarga miskin,” tegas Merlan.

Merlan menuturkan saat ini berdasarkan data akhir tahun 2023 jumlah anak stunted berada di angka 1.087 dan anak stunting sebanyak 10 orang. Data ini menurutnya mengalami kenaikan yang diakibatkan oleh kelengahan pendampingan pada ibu hamil dan calon pengantin usia subur.

“Sekarang kita ingin memulai konsep yang paripurna bagaimana stunting ini bisa diturunkan. Saya ingin program yang kita laksanakana tidak sia-sia dan ada progres,” tandasnya.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button