DaerahSitubondo

Bupati Situbondo: Kepala Desa Sediakan 1 Warganya 4 Masker

BeritaNasional.ID, SITUBONDO -Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH menjelaskan, menjelang pemberlakuan Peraturan Bupati (Perbup) tentang disiplin menggunakan masker, meminta kepada kepala desa se Kabupaten Situbondo memberikan atau menyediakan 4 masker untuk satu orang warganya, Selasa (25/8/2020).

“Kita berharap pembagian masker untuk masyarakat cakupannya semakin luas hingga masuk ke plosok desa. Untuk itu, saya minta kepada seluruh kepala desa se Kabupaten Situbondo menyedikan anggaran untuk pembelian masker melalui APBdes. Jaminan 1 warga mendapat 4 masker dari desa harus di penuhi,” kata bupati dua periode ini dihadapan wartawan.

Apabila kepala desa se Kabupaten Situbondo tidak mendukung atau mengindahkan gerakan disiplin menggunakan masker, kata Bupati Dadang, pihaknya akan memberikan sanksi.

“Gerakan disiplin menggunakan masker yang tertuang dalam Perbup akan memberikan sanksi perorangan maupun para penanggungjawabnya,” tegas Bupati Dadang.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Bupati Dadang. Akan tetapi, dia juga menegaskan bahwa, perbub gerakan disiplin menggunakan masker di Kabupaten Situbondo dari plosok desa hingga kota harus dilaksanakan dengan baik. Sebab, setiap masyarakat maupun penanggungjawab yang terjaring dalam razia disiplin menggunakan masker akan kena denda Rp. 150.000 atau dikenakan sanksi sosial.

“Jika masyarakat tidak disiplin menggunakan masker, maka akan kena sanksi denda uang serendah-rendahnya Rp. 50.000, dan setinggi-tingginya Rp. 150.000. Ada tiga sanksi yang tertuang dalam perbup, yakni sanksi teguran tertulis, sanksi sosial dan sanksi denda uang” tegas Bupati Dadang.

Untuk itu, Bupati Dadang meminta kepada seluruh kepala desa se Kabupaten Situbondo menyediakan atau memberikan masker kepada warganya. Sebab, jika warganya terjaring atau terjebak razia disiplin menggunakan masker maka akan kena denda.

“Pekan depan Perbup disiplin menggunakan masker akan diberlakukan,” pungkasnya. her

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close